Sunday 20 August 2023

Tahura Tempat Hiking di Bandung

Belakangan gue punya hobi baru yang temanya lebih ke alam sama jalan jalan, yaitu hiking. Kok baru sekarang ya, tapi rasanya nggak ada kata terlambat deh buat mulai hobi hiking. Beberapa taun ke belakang gua pernah ke Curug Dago, curug Omas (klik cerita penuhnya sini), taman batu Citatah, tapi kan lebih ke foto fotoan aja tujuannya, belum mulai jalan yang jaraknya nggak sedekat biasanya. Maka dari itu gua baru sekarang mulai hobi yang baru ini. Tempat yang gua jadiin lokasi hiking di Bandung itu Tahura atau kependekan dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Biar masih bisa rasain udara pagi yang seger, gua dateng pagi, tapi agak sedikit telat yaitu jam 9 di lokasi. Tiket masuk tahura Bandung bisa kalian tebus pake uang Rp. 17,000, terus kalo bawa kendaraan motor ada lagi tambahan biaya parkir Rp. 6,000. Nggak begitu panjang lah antriannya, tapi bagus sih soalnya warga Bandung minat banget ke sini. 

antusias banget ya warga buat ke sini


tiketnya udah jadi gelang


Nah, banyak pilihan yang bisa gua ambil selagi di sini, tapi karena tujuan di entri ini hiking, berarti gua susur aja dari paling bawah, di pintu masuk sampe ke atas, sekuatnya gue. Di awal awal ini sih masih ada banyak orang yang foto fotoan di patung Ir. H. Djuanda yang luas sekelilingnya, sama ada banyak pepohonan dari Uganda.

Gue sampe di Goa Jepang Tahura, destinasi favorit pertama di hiking kali ini. Banyak orang yang foto foto di mulut goa atau di dalamnya. Di sini ya udah bisa ditebak, gelap, dan cukup luas. 


jadi Goa itu ada di Indonesia, India, atau Jepang?

Jalannya masih bagus dan diperkuat paving block, dan bawa gue ke objek wisata tahura selanjutnya, yaitu Goa Belanda. Ini malah lebih besar lagi dan lu bakal cium kehadirannya kalo udah nemu kafe bertema Belanda Holland Spot. Tapi gua lewat dulu lah keduanya, maksimal cuma masuk dalemnya sedikit dan lanjut ke hiking besar yang panjangnya sekuat gue bisa.

wah ada kucing item

jangan ganggu atau mereka bisa ngambil sesuatu

Sekitar setengah jam dari Goa Belanda, sampe juga di destinasi selanjutnya, Penangkaran Rusa Tahura. Jalannya muter karena cuma ada 1 jembatan akses ke sana di atas dam sehingga gue bisa liat orang yang mau ke Penangkaran. Di tempatnya, kita bisa beli wortel buat ngasih makan para rusa yang kandangnya luas. 









kayak "The Hills are Alive with The Sound of Music"

Beres dari Penangkaran Rusa Tahura, ada yang bikin gua penasaran, batu yang katanya disebut Batu Batik. Gua nggak liat fotonya di internet biar tau langsung gimana, dan letaknya di sisi sungai Cikapundung. Pas gua turun ke bawah, ternyata cuma gua sendiri pengunjungnya, soalnya ada lagi orang lain tapi bukan pengunjung, mungkin petugas atau apa lah.


keliatan kan alurnya...



Lanjut lagi perjalanan gue di hiking kali ini, dan memang tenaga udah terkuras banget. Satu botol air minum abis sampe sini, di jembatan setelah Batu Batik yang di depannya ada warung. Udah 2,5 jam juga gua di sini, cuaca mulai panas dan harus pake topi. Orang orang yang lewat sama pemilik warung semua setuju Curug Omas udah deket banget dari sini. Tanggung bray, sedikit lagi nyampe...




Dan akhirnya gue ada di Curug Omas, sekitar 10 menit dari jembatan. Panorama alamnya enak banget, monyet monyet besar kayak yang di bawah ini bebas lari lari, gelantungan sana sini. Kadang ada saatnya mereka minta makanan, bukan minta sih, tapi ngambil langsung gak pake bilang (emang monyet bisa minta "kang, punten saya mau dong," enggak kan?) Banyak juga warung makanan yang menunya kurang lebih sama satu dan lainnya, dari pop mie, gorengan, nasi ayam, air putih, dll.



Masih keliatan sama kayak terakhir ke sini 4 taun yang lalu. Adem banget rasanya begitu gua sampe di sini, ngabisin hampir 3 jam dari pintu masuk tahura. Tapi kan banyak berhentinya juga, dari kecapean sama liat rusa dulu.




Jam 12:45 siang gue putusin balik lagi ke bawah, sambil liat lagi objek lain yang mungkin gue lewatin. Kuat gak kuat sih pas turun, kaki pegel sama sakit, terus air juga harus dihemat biar gak kehausan. Mungkin karena di sini banyak pengunjungnya, jadi gua gak pernah ngerasa sendirian.

tanjakannya kayak gini

Ada air terjun namanya Koleang, atau di bahasa Sundanya "Curug Koleang". Dari kejauhan sih nggak keliatan, tapi ada plakat informasinya. Foto di bawah ini paling deket yang bisa gua ambil, karena pas ke bawah, gak keliatan sama sekali, cuma aliran sungai.


Turunan ini ternyata lebih cepet, sejah dari curug Omas gue udah ada di goa Belanda. Di dalemnya panjang juga, ada rel bekas yang masih ada sampe sekarang. Selama ini gue cuma denger cerita orang, dan udah ada di hadapan mata sendiri. Ini banyak sejarahnya dari jaman kolonial sampe dijadiin tempat simpen amunisi senjata api.



ya, itu gue. ha ha.


eh, ketemu lagi kucing item tadi

kaki gue udah mulai payah dipake jalan dan gue rasa cukup sampe sini aja perjalanan hiking di tahura buat sekarang. Puas sih, banyak tujuan wisata yang bisa diliat. Tapi ini buka minat gue yang lebih dalem di dunia hiking. Menurut gue, Tahura Bandung itu tempat hiking di Bandung yang pas buat pemula.



EmoticonEmoticon