Monday 21 August 2023

Tempat Hiking di Bandung: Sesar Lembang Lewat Puncak Bintang

Oke, sesuai janji gue sebelumnya, ini cerita gue hiking ke Sesar Lembang lewat Puncak Bintang. Ini lanjutan dari entri gue ke Dermaga Bintang yang bisa kalian klik aja nih tulisan yang warna biru. Buat kalian yang pengen tau gimana ceritanya secara singkat, hiking di sini dimulai dari tempat wisata foto di Bandung yang latarbelakangnya alam sama panorama kota Bandung yang namanya Puncak Bintang. Lokasinya ada di daerah Cimenyan, kabupaten Bandung. Dari arah Saung Angklung Udjo, terus aja ikutin ke atas sampe lewatin beberapa SD dan sampe di tujuan, ada banyak tulisan yang arahin ke Puncak Bintang. 

Tiket masuk Puncak Bintang kalian beli seharga Rp. 15,000 aja, atau Rp. 25,000 buat yang mau camping. Puncak Bintang Bandung buka jam 5 pagi sampe 5 sore. Ada banyak yang bisa kalian pilih buat lakuin di sini, dari camping, foto selfie, pemandangan, atau hiking ke Sesar Lembang. Opsi terakhir gue ambil ya buat entri ini, yuk ah mulai ceritanya.


Dari pos masuk, kita liat papan penunjuk arah terus lurus aja buat mulai hiking ini. Hutan pinus di sini ngasih suasana yang tenang banget, sama sejuk. Di pagi ini gue pengen sambil duduk di tengah jalan terus rileks, atau minimal tarik napas dalam sambil rentangin tangan.  


ambil yang paling atas ya


pohon pohon yang kasih sambutan lewat udara segar

Tapi suasana damai pinus di sini nggak lama dirasain, soalnya pas masuk jalur hiking ke Sesar Lembang, kondisi jalan mulai nggak bersahabat. Permukaannya beralur atau berlubang sisa garukan ban pacul motor trail. Gue jujur nggak kuat di awal awal medan menanjak di sini, kaki gua dijaga biar gak terperosok ke alur jalan. Di satu tanjakan, alurnya bercabang cabang sampe keliatan kayak bekas parit medan perang.



ikutin aja alurnya,ke kiri





Begitu jalannya udah nggak lagi nanjak, berarti lu udah lewati kira kira setengah jalan ke Sesar Lembang. Nantinya ada bekas saung kayak foto di atas sama jalan menurun berpasir, terus di situ udah nggak lama lagi. Ini jalur hiking yang pendek tapi gue kerepotan, capeknya beda banget sama di Tahura. Udah gitu, gue sendiri! Suara binatang yang ada, paling serangga! Baju udah basah sama keringat, kaki pegel tapaknya. Tapi, begitu udah bisa tanjakan yang nggak begitu tinggi, di situlah ada warung. Mungkin ini warung satu satunya di jalur hiking ini.


ya belok kiri lah gan dari warung





Ada beberapa orang pake motor trail yang juga lagi santai di sini, jajan gorengan atau kopi. Katanya di sini Sabtu-Minggu sering rame, tapi kebetulan pagi ini masih sepi, soalnya ramenya pas hari Kamis yang juga 17 Agustus. Nggak pake lama, langsung aja gua arahkan ranting pohon buat bertumpu ini ke kiri ngikutin petunjuk.


Batu besar di atas jadi penunjuk kalian kalo pemandangan Sesar Lembang udah ada di depan mata. Turunan ini curam, jadi harus hati hati soalnya jurang ada deket banget, gue bahkan gak liat apa di bawahnya saking fokusnya. Ada papan nama sama bendera Merah Putih, kan suasananya masih hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.





Kata mang warung, di sini ada aja sih yang camping, bisa diliat juga kok dari bekas api unggun di mana mana. Cuma, saran dari beliau, jangan camping di musim hujan, karena khawatir longsor dari daerah yang lebih atas.






Kebayang, di balik pemandangan yang asri ini punya potensi mengerikan yang bisa muncul begitu aja suatu saat nanti. Ini patahan yang aktif dan memang jadi kekhawatiran semua orang se-Bandung Raya. Sampe saat itu tiba, kita nikmati dulu keindahannya, sambil berharap semoga kita dijauhin dari hal yang kurang mengenakkan, meskipun secara ilmiah kalkulasinya dan potensinya itu ada.

Saatnya gue turun. Kalo tadi gue sendirian banget pas pendakian, kini ada beberapa pengunjung lain yang ikutan hiking atau yang pake motor trail kayak di warung. Balik lagi ke jalan yang sekarang jadi turunan buat gue, alur atau lubangnya dalem. Entah berapa motor trail tiap harinya lewat sini.

Hari semakin siang, dan gue masuk lagi 'peradaban', di pos masuk. Anak anak dari rombongan camping di sini lari larian, teriak, ketawa tawa nambah kehangatan suasana, setelah tadi berat gue jalanin. Bertambah lagi pengalaman, meskipun gue masih baru banget di hobi alam satu ini.


EmoticonEmoticon