Monday 25 September 2023

Hiking Gunung Putri Lembang

Udah saatnya hari Sabtu, hari buat hiking lagi. Sebelumnya kan udah jajal hiking di Jayagiri Lembang sampe parkiran Tangkuban Parahu, kali ini gue coba jalur yang lain lagi. Dari arah timur Jayagiri, ada tempat hiking & camping bagus di Lembang, namanya Gunung Putri. Tempat ini jaraknya sekitar 17 menit dari Alun-alun Lembang. 


Sesampainya di tempat, gue bayar uang parkir Rp. 5,000 dan naik ke pintu masuknya. Tiket masuk Gunung Putri Lembang bisa kalian tebus dgn uang Rp. 10,000 untuk hiking dan Rp. 25,000 untuk camping. 


Tujuan gue hiking kali ini pengen telusuri jalurnya yang sampe Orchid Forest, jaraknya sekitar 3,9km sama Benteng Belanda. Kalo mau camping, tempatnya ada di sebelah kanan, jalannya nanjak. Tapi karena niat gue hiking, gue susuri jalur pendakian ke hutan ini yg relatif rata, berbatu, dikelilingi pohon pohon karet yang terus disadap tapi kebanyakan belum dipanen. 

Di pertigaan pertama ini, ada pilihan untuk ke kiri, ke sebelah utara atau kanan ke timur laut yg ada Benteng Belanda. Gue ambil kanan karena gue sendiri belum pernah ke situ. Jalanannya berlubang dikikis ban pacul dari mobil offroad sama motor trail. 



udah deket ke benteng kalo udah nemuin saung ini

Akhirnya gue sampe ke benteng Belanda ini. Ada 2 bunker yg menghadap ke utara, dan luasnya gak terlalu besar. Di dalemnya udah perlu dipugar karena banyak coretan sama pasir di lantai. Buat dari luarnya sih kayaknya dibiarin otentik & alami aja biar ngasih kesan benteng ini udah lama ada.




Perlu hati hati karena jalannya yg di google maps gak selalu bener, terus kadang gue sampe keluar jalur, udah bahaya sebenernya kalo di alam lepas begini. Tapi gue berhasil balik lagi ke pertigaan buat selanjutnya ke arah barat daya, ngadem dulu di Warung Mak Eti. Makanan di warung Mak Eti ada yang dari snack sampe makanan berat/main course, kalo minumnya ada kopi, coklat, sama teh. 




Warung Mak Eti Gunung Putri

Perjalanan dimulai lagi setelah sekira setengah jam gue istirahat di warung itu, ngikutin lebih jauh ke barat daya dan ada satu lagi warung yg jaraknya deket, kurang dari 10 menit dari mak eti lewat jalan lurus yg berbatu, namanya Warung Pak Kumis. Tempatnya lebih besar tapi waktu gue dateng lagi ada acara dari komunitas. Dari sini, arah hiking berubah jadi lebih ke timur laut, mau ikutin terus sampe mana jalur ini bawa gue.




Warung Pak Kumis

Setelah sekitar 15 menit di jalanan hutan, ada nuansa peradaban lagi yang ternyata, baru gue tau, di sisi jalan raya. Tempat wisata di sini lebih ditujukan buat keluarga & gak sekedar hiking, termasuk glamping. Yang gue temuin sepanjang jalan beton ini yaitu Tangkal Pinus (wisata outdoor), Lembah Puspa (tempat camping), kafe kafe, dan terakhir, Orchid Forest. Selain mobil yang lalu lalang, pesepeda juga banyak yg mampir sini sama jajal trek downhillnya, keliatan terbang atau airborne lompatin jalan yg bergunduk di sisi. Buat masuk Orchid Forest, gue mesti beli tiket lagi seharga Rp. 40,000. kalo dari kejauhan sih itu tempat glamping sama wahana outdoor yg ramah anak, makanya banyak wisatawan yg datang sekeluarga ke sini.


Siang udah mau habis dan saatnya sore datang gantiin. Gue balik lagi ke Gunung Putri dan ngeliat cahaya matahari di masa golden hour (jam 4an). Udaranya mungkin gak sesegar pagi, tapi suasana sore di sini tetep enak buat cari keheningan di tengah tengah pohon karet. Ada sih sebenernya satu tempat lagi, yaitu puncaknya yg jadi tempat favorit buat camping sama liat matahari terbit. Sayangnya, badan gue udah capek, kaki pegel dan memang keadaan ini udah ngajak pulang, hehe. Mungkin nanti kali ya harus ke sini lagi. Kalo mau liat matahari terbit memang harus sambil camping, kecuali kalo gue rela datang dari pusat kota sebelum jam 5 pagi terus nyampe sana pas beres subuh, susah sih, hehe.






EmoticonEmoticon