Sunday 10 September 2023

Journée Porte Ouverte IFI Bandung 2023: Dadakan tapi Seru


Sabtu siang di Bandung biasanya lebih sering diabisin di jalan aja karena macet sana sini. Kalo pake motor sih gak akan terlalu lama, tapi tetep aja butuh usaha ekstra biar bisa masuk celah sana sini. Dan begitu gue berhasil lakuin di kesempatan ini, pertama kali yg ada di pikiran ke BEC atau Gramedia aja.

Wah, di seberang BEC kok ada rame ramean ya? Coba ah, gue masuk ke asal rame ramean dari suara sama kerumunan orang yg ada, dan ternyata ada acara dari IFI Bandung. Mereka lagi adain journée porte ouverte atau acara buat umum gratis di mana lembaga itu buka semua pintunya, buka bukaan. Bisa diliat kok, dari banyaknya stand/kios sama kerumunan yg duduk di tangga teras bangunan rumah Belanda ini.


Gue masuk disambut acara demo masak yg diperagain beberapa orang di depan bangunannya. Katanya sih lagi masak makanan khas Prancis, tapi boro boro nulis, ngedenger namanya aja susah, hehehe. Yaudah sih, mending coba masuk ke dalem bangunannya biar cari tau ada apa aja.

Setelah setor nama sama email, karyawan di sini mempersilakan gue telusuri IFI dari perpustakaan, atau koridornya. Kebetulan, pas gue dateng ada kelas bahasa Prancis gratis singkat atau kilat. Sama, ini juga cuma minta nama sama kontak aja. Ada beberapa orang yg udah nunggu juga di sini, termasuk seorang teteh cantik sama seorang anak SMA. 





Nggak sempet gue fotoin sih pas belajarnya, tapi secara garis besar diajarin cara perkenalan sama berhitung di bahasa Prancis (bukan parapatan ciamis, eaa.) Selain itu, ada tawaran main Chasse au Tresor atau Berburu Harta Karun. Ada soal yg ditulis di dua carik kertas yg jawabannya ada di ruangan ruangan tertentu di kawasan ini, mulai dari ruangan yg dikasih judul saison, louvre sama gastronomie, terus perpustakaan. Barang siapa yg paling pertama kumpulin semua jawabannya bakal diganjar hadiah di ujung permainan.

Oke, gue ceritain eaa gimana. Ada beberapa soal yg bahas sejarah Prancis dari siapa raja yg bolehin warga makan & olah kentang karena dulu sempet ada kekhawatiran penyakit, sampe apa aja moda transportasi umum di Prancis, contohnya TGV, metro, sama trem. Dan tebak siapa yg pertama ngumpulin dari total 3 orang yg ikut kloter gue? Ya gue lah, siapa lagi? hehe





Ternyata hadiahnya voucher makan senilai 50,000, ditukerinnya di sini selama acara aja. Gue coba cari booth makanan yg terima ini, satu udah tutup soalnya abis, tapi ada yg masih sediain dagangannya. Apa ya? Nanti dulu. Sekarang sih mending liat aja perpustakaannya di IFI ini.



Banyak sih buku di sini, tapi kan semua bahasa Prancis, sob, mana ngerti gue. Paling banter je m'appelle Rizal, et vous? atau a bientot! Gitu doang. Nah, perpustakaannya juga jual beberapa buku sama majalah, tapi sayangnya buku cerita/novel udah abis. Jadinya gue beli majalah sama komik besar, ya gimana nanti aja sih bacanya, nunggu gue bisa bahasa Prancis dulu, hehe.



Zal, voucher gak bakalan dibeliin makanan? Beli dong. Beruntung banget pas samperin stand partner voucher itu, masih ada menu makanan yg gue mau, roti bakar keju, yg kejunya alami tanpa pengawet atau bahan kimia. Kayak di foto di atas pesenannya, segitupun buat gue udah bikin kenyang. Panitia lagi sibuk bagiin hadiah lewat kuis, tiap yg dipanggil atau ditunjuk jawab tapi pake bahasa Prancis. gampang sih soal soalnya, tapi kurang beruntung, gak digubris angkatan tangan gue.


Buat acara yg dadakan banget gue datengin, ini bagus banget soalnya buka pandangan sama dunia Francophone sama bahasa Prancis secara umum. Kata karyawannya, ini acara yg digelar setaun sekali di taun ajaran baru. Tapi gak usah kecil hati, perpustakaannya buka di jadwal tertentu, bebas akses buat siapa aja, terus kadang ada pemutaran film (berbahasa) Prancis di sana. Mungkin yg terakhir gue tulis bisa tuh dijadiin rencana kalo gue lagi gak ada kegiatan dan pengen tau aja kayak gimana.


Hampir lupa; makasih ya teteh cantik yg ngasih es krim kelebihan sebelum belajar di kelas. Gak sempet bilang pas tadi, di sini aja, ya.


EmoticonEmoticon