Saturday 12 January 2019

Cara Membedakan Sepatu Converse All Star Asli Sama Palsu (Bagian 2)

Dulu, gua pernah bagi informasi tentang perbedaan Chucks yang asli dan yang palsu. Lumayan juga tulisan gua dapet sambutan yang hangat dari mereka yang butuh informasi atau kejelasan tentang sepatu yang mereka beli. Terima kasih ya udah jadiin artikel gua acuan dan terima kasih kembali juga buat yang udah nanya nanya ke gua selama ini.

Waktu terus berjalan dan para produsen sepatu terus berinovasi biar dagangan mereka tambah disukai publik. Converse juga bawa perubahan yang agak signifikan terhadap model sepatu mereka yang paling laris, Chuck Taylor All Star (CTAS). Gua di sini bakal jelasin beberapa cara baru membedakan Converse KW atau palsu dengan yang asli.

1.  Logo

Pada tahun 2017, Converse memperbarui logo buat produk-produknya, Langkah ini katanya sebagai upaya maju ke depan dan menghadapi tantangan di era yang baru, tapi tetep pertahanin sebagian unsur-unsur yang udah lama ada.

logo Converse baru sejak 2017
logo sebelumnya

Bisa kita liat dari jenis font yang berbeda. Nggak ada lagi bintang di huruf O-nya. Jangan kaget atau pangling liat logo yang mungkin belum begitu familiar buat sebagian dari kalian. Logo yang baru ini juga memudahkan kita bedain barang asli sama palsu, karena mungkin yang palsu masih pake logo lama sedangkan itu udah dipensiunkan.


NB: Converse stok lama (yang masih dijual di gerai resminya) yang dibuat sebelum pertengahan 2017 masih pake font yang lama kayak foto di atas.

2. Heel Patch

Karena logo baru udah dipake, perubahan juga ngerembet ke detil-detil sepatu yang lain, termasuk heel patch.

logo dari ca. 2012 sampe 2017

Model terbaru. Font-nya udah beda, kan?

untuk Chucks 70s nggak ada perubahan


Biarpun di bagian tumit udah berubah, logo di lidah sepatu masih sama kayak model sebelumnya (atau mungkin juga yang gua pegang di tokonya ini stok lama). Kalo Converse yang KW mungkin masih pake logo lama sedangkan yang jual bilang barangnya masih baru.

Penting diingat juga kalo ada All Star yang cantumin tulisan Made in USA di bawah tulisan ALL STAR-nya, pasti sepatu itu dibuat sebelum 2003 kayak waktu pertama gua tulis di entri sebelumnya. Di taun itu pabrik Converse Amerika tutup dan produksi semua sepatu Converse dibagi ke banyak negara kayak Indonesia, India, Vietnam, dan Tiongkok.
  
3. Lubang Tali (eyelets)

Jumlah lubang tali sepatu Converse beda-beda tiap ukurannya. Untuk sepatu pria (varian low-top) dari ukuran 3 (UK/US) atau 35 sampe 8 (41,5) ada 6 lubang. Ukuran 8 (UK/US) atau 41,5 ke atas sepatunya berlubang tali 7. Untuk Chucks High Top, jumlah eyelets-nya 7 dari ukuran 3 (UK/US) atau 35 sampe 8 (41,5), dan 8 eyelets untuk ukuran 8 (41,5) dan seterusnya. 

Beda lagi dengan yang buat perempuan. Chucks Low-top ukuran 5 (US, EUR 35) sampe 10 (EUR 41,5) punya 6 lubang, dan 10,5 (EUR 42) ke atas ada 7 lubang tali. Varian High Top nya ada 7 eyelets dari 35-41,5 (5-10), dan 8 eyelets (42+) atau 10,5+.

4. Harga

Dulu gua pernah sebut CTAS low-top bisa dibanderol Rp. 400,000, tapi karena inflasi dan hal lainnya bikin harga CTAS dari Converse pusatnya berubah. Terakhir gua liat (Januari 2019)  harga CTAS low-top dimulai dari Rp. 600,000 dan yang versi high-top dari Rp. 650,000. Perbedaan harga bisa berdasarkan dari warna, material sama modelnya. 

Untuk Converse 70s, sepatu ini bahannya lebih keras dan lebih kuat ditambah lagi desainnya yang tempo dulu jadi sebab lebih mahal daripada CTAS biasa. Varian 70s low-top paling murahnya bisa ditebus uang Rp. 760,000, dan yang high-top Rp. 800,000. Batas atasnya bahkan lebih tinggi lagi, ada varian 70s yang sampe angka Rp. 2,000,000 (Chuck All Star II Boot).

Harga memang bisa berbeda sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, coba buka situs resmi Converse dan liat langsung harganya. Ngga perlu jauh jauh ke mal atau toko sepatu buat cek harga kan, semua udah ada di ujung jari.

Memang di tulisan ini cuma "tambahan informasi" yang gua sajiin, tapi tetap masukan dan komentar dari kalian yang lebih tau bakal ngebantu kita lebih baik lagi dalam dapetin informasi tentang CTAS. Ditunggu ya saran dan komentarnya....

Sumber :

33 comments

  1. Thx gan infonya, izin share

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. rasanya terlalu jauh perbandingan harganya. yang asli aja sekitar 500an, ini ada yg nawarin 200. Kalo pun itu lewat distributor ngga resmi (jalur belakang) kayaknya ngga sampe lebih dari setengahnya. Kalo dirasa kurang yakin, mending cari yang lain.

      Delete
    2. Baru apa bekas bro? Klo bekas bnyk harga sgitu yg biasa. Klo msih baru lebih baik putar haluan bro hehe

      Delete
  3. knp dkt lidah sepatu itu kdg ngak ada tulisan converse nya?
    apa itu kw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo chucks yang asli ada tulisan Converse nya. Bisa dicek di situs resminya, trus cari model yang mau diliat tulisan di lidah sepatunya.

      Delete
  4. Om kalo misal nya posisi hell patch ga sama itu gimana bedain nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga sama gimana? posisinya pasti di bagian tumit. kalo yg abal abal paling jahitan atau hasil ngelemnya nggak rapi

      Delete
  5. Mas Kalo NMR seri Di lidah 70s Sama, ori ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomer seri selalu beda kiri & kanannya. bisa liat lagi di http://bathekistik.blogspot.com/2014/11/cara-membedakan-sepatu-converse-all.html?showComment=1559931072454#c6925346528462204076 atau coba main ke mal atau gerai converse resminya, pura pura minta dibawain bagian kiri/kanan yg pajangannya trus cek nomer seri keduanya pasti beda

      Delete
  6. Kalo sepatu converse di lidah sepatu nya gak ada tulisan made in nya itu premium atau gimana ya kak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih spesifik lagi, coba samain ciri ciri fisik lainnya kayak jahitan, kode produksi sama kode negaranya. yang asli pasti ditulis buatan negara mana.

      Delete
  7. Kl 70s terbaru yg egret pada bagian heel ped nya tulisan conversny am ct nya timbul atw ngga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga timbul, coba cek di situs converse resminya atau kalo sempet main ke mall yang ada jualan sepatu converse asli / resmi bisa dicek langsung kan

      Delete
  8. Kak masa gua dikadoin converse white tp lubang yg dua yg di samping gak ada ,itu kw ya berarti ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya paling liat aja di situs converse nya kayak gimana tampang converse yang asli. kalo ngga cukup, tinggal liat ciri-ciri lainnya kayak tag, jaitan, logo sama bahannya kan gua udah nulis tuh apa aja bedanya....

      Delete
  9. broo. kalo uk 42 keatas lubang talinya ada 8,itu kw atau asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg pendek (low-top) atau yg tinggi (high-top) nih? kalo yg pendek nggak akan sampe 8, dan buat yg tinggi ukuran 42 emang ada 8.

      Delete
  10. Menurut gw klu bener biasa pake convres pasti bisa bedain..mana yg bagus mana yg jelek..klu uang itu gak bisa di boongin..intinyintinya klu gw pribadi..gw beli merek aja..asli apa ga itu tergantung ke nyamanan sendiri..jjr aja gw klu yg ori kya'a gak bkl kebeli..tapi gw pernah pake..gw saranin lebih di perbaiki lg produk yg biasa jgn sampai lem" terlalu nampak..itu aja..tetep gw penggemar hobi convres all star..

    ReplyDelete
  11. Kalo Converse full black di pinggirnya gaada lubang yg 2 itu kw apa ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang asli pasti ada lubangnya, di bagian kaki dalam (mau yg low atau high top ada lubangnya)

      Delete
  12. Kalo Made in vietnam kode produksinya 9Q ori ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ada 9Q, tapi harus diliat juga ciri ciri lainnya gan, bisa dibaca di tulisan blog di sini

      Delete
  13. Bro kalo uk 7,5/8 lobang talinya ada 8 trs kode nya 9A Made Vietnam itu ORI gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg hi-top emang 8 lobangnya (ukuran 8), lain lagi kalo yg low top, ukuran 8 ada 7 lobang. 9A Vietnam emang ada (gua juga punya yg gitu), tapi cek juga kode produksinya kiri kanan beda ngga (kalo beda ori, samaan ngga) sama ciri lainnya

      Delete
  14. Beli CTAP 360rb...asli lho...lagi diskon 40% di official store 😅

    ReplyDelete
  15. Bro arti dari OX itu apa yang di converse chuck taylor 70’S

    ReplyDelete
    Replies
    1. OX itu maksudnya Oxford, tipe pendeknya. Kan satu lagi ada yang tinggi atau High Top, nah buat yg pendek dikasih nama OX.

      Delete
  16. gokil terimakasih atas penjelasannya mas, btw kami juga menjual sepatu converse original juga loh mas.

    ReplyDelete
  17. bro kalo heelpatch 70s egret tuliannya gk timbul kw kah?

    ReplyDelete
  18. izin tanya kalau kode pabrik 9A ori ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ori itu gan
      converse yg produksinya di vietnam

      Delete


EmoticonEmoticon