Thursday 24 August 2023

Solo Traveling Pangandaran Dari Bandung: Bagian 2

Kayak gimana sih, traveling dari Bandung ke Pangandaran? Sini kalo pengen tau. Ini bagian kedua dari solo travel gue ke Pangandaran, bagian satunya bisa kalian baca di kata kata yang digarisbawahin ini.

Tujuan gue sekarang pantai Timur Pangandaran, yang bagus banget pas matahari terbit. Beres solat subuh, gue langsung jalan sekira 10 menitan ke arah timur, masih gelap. Nggak banyak juga orang yang keluar di sini. Bangunan hotel cuma dibatasi jalan sama trotoar, menghadap langsung ke arah laut. Buat nunggu matahari terbit, enaknya emang ngga sambil ngapa ngapain, biarin diri gue rasain suara ombak ama langit yang warnanya oranye

Gelap di langit makin berkurang, nelayan yang melaut malam pulang, ganti giliran sama yang baru mau mulai. Di sini memang gitu kata orang yang gue tanyain. Hasil tangkapan langsung dibuka di trotoar. Udang yang sampe ngebentuk gunung warna pink, ikan ikanan, yang masih menggelepar, atau ada kepiting yang nyangkut, semua dipilih.

Terus gue susuri jalan di pantai timur ini, makin banyak kapal nelayannya, apalagi yang deket Cagar Alam. Beberapa orang gotong royong dorong kapal ke permukaan air supaya mereka bisa langsung melaut. Di antara yang dorong, ada yang kembali ke kapal mereka yang udah mendarat. Ini namanya kebersamaan sesama nelayan.

Hari udah mulai cerah, dan gua liat ikan ikan dijual di pinggir jalan. Bapak-bapak sama ibu-ibu yang jualan di sini dengan ramahnya ngebolehin gue foto kegiatan mereka, sama kayak nelayan yang masih pilih pilih hasil tangkapan mereka. Ini pengalaman baru buat gue bisa liat kegiatan para nelayan langsung di sisi laut. Ada yang nanya gue dari mana, dijawab dari Bandung, terus mereka senyum ramah.

Gue udah sampe ujung pantai timur, pas di depan pintu masuk Cagar Alam. Jalan yang cukup panjang kembali ke penginapan gue. HP udah perlu dicas, sama gue mau makan roti yang gue bawa dari Bandung. Biarpun panjang, tapi jalan jauh di Pangandaran itu nggak akan kerasa, apalagi di pantainya. Deburan ombak di kaki sama suaranya bikin jaraknya nggak kayak yang jauh, beda kalo gue jalan di pinggir trotoar. Sambil jalan, dengerin lagu Pure Shores dari All Saints, pas banget suara musiknya...

dari Skywalk Pangandaran

Di jam jam selanjutnya gue abisin dengan berjemur di pantai, foto di depan ombak, jalan di Skywalk Pangandaran biar bisa liat pantai dari atas, sama pulang ke penginapan, ngecas HP sambil siap siap check out. Akhirnya, harus sampe di perjumpaan nih sama pantai favorit di jawa barat ini. Kerasa berat, tapi memang gue rasa udah ada panggilan buat pulang. Mungkin kesempatan lain gue bisa lebih lama, terus semoga nggak perlu tunggu lama lagi sampe bisa dateng lagi ke Pangandaran.

percuma ke pantai tapi gak coba makanan laut kan?

Gue check out jam 12 kurang, dan siap jalan ke terminal. Jujur, berat banget ambil keputusan pulang ini. Tapi rasanya udah harus. Sayangnya bis baru ada jam 2 siang. Dan gue mulai perjalanan panjang ini....

terminal Pangandaran pas gue tinggalin

Searah jarum jam dari kiri atas: Budiman cabang Banjarsari, Terminal Ciamis, Jl. Raya Banjar, Cihaurbeuti, RM Pananjung

Perjalanan pulang gue bakal kurang lebih sama sih pas berangkat, lama. Beberapa kali bus berhenti buat istirahat, isi bensin atau apalah itu di pul Budiman. Diitung cuma ada 7 orang di luar supir & kenek yang ada di bus ini, semuanya duduk di kursi-kursi paling depan. Di 1,5 jam perjalanan bus berhenti di Budiman cabang Banjarsari, 2 jam perjalanan masih di jalan raya Banjar, jam ke-3 berhenti di terminal Ciamis, jam ke-4 atau jam 18:00an di Cihaurbeuti, jam ke-5 perjalanan di lupa lagi, jam ke-6 atau 20:00an udah di RM Pananjung 2, dan terakhir... di Terminal Cicaheum jam 21:32. Totalnya 7,5 jam, sob. Gue sendiri coba buat tidur, tapi susah.

TIPS solo traveling Pangandaran dari Bandung pakai bus:

1. Perhatikan jadwal keberangkatan bus. Gue saranin sih ambil bus paling pagi supaya kalian sampe di pangandaran siang. Foto jadwalnya begitu sampe di terminal. Pas pulangnya, usahain jangan naik bus di atas jam 2 siang, karena begitu kalian sampe terminal, sekira jam 9 malem, angkutan umum udah agak sulit dicari. Buat kalian yang rumahnya deket terminal Cicaheum mungkin ini nggak jadi masalah besar. Malem malem di Bandung juga agaknya kurang aman.

2. Di daerah deket pantai jarang ada angkutan umum kecuali becak, jadi sebelum cari penginapan, baiknya pilih dulu apa aja yang mau kalian datangi. Ini biar gak capek ke mana mana jalan atau ribet karena penginapan kalian jauh.

3. Bawa obat obatan pribadi (buat kalian yg harus minum obat karena penyakit/kondisi tertentu)

Dan itulah solo traveling Pangandaran dari Bandung kali ini. Kayak di posting sebelumnya, semoga nggak lama lagi gue bisa ke sini.