Wednesday 23 August 2023

Solo Traveling Pangandaran Dari Bandung: Bagian 1

Udah lama banget nih belum main jauh, tapi ke mana ya kalo belum tau? Kalo kalian mau ke pantai tapi tempat tinggal jauh dari wilayah laut, mungkin ke Pangandaran aja. Gua sebulan yang lalu jalanin liburan ini yang lumayan jauh dari tempat gue di Bandung. Bakal gue ceritain detil banget dari awal sampe selesai, sambil kasih tips solo traveling ke Pangandaran sebisa gue.

Gue berangkat ke Pangandaran pagi, jam 7. Bus ke Pangandaran dari Bandung yang gue naikin itu Budiman, langsung naik aja nggak perlu ke loket pembelian. Nanti di sini bakal bayar langsung buat perjalanannya. Harga tiket bus Bandung Pangandaran di sini Rp. 125,000. Dan dimulailah perjalananan Bandung ke Pangandaran lewat bus yang ada guenya ini, hehe.

Masih inget sih gue tiap jamnya dalam perjalanan kali ini. Jam 8 atau 1 jam perjalanan masih ada di Rancaekek, 2 jam perjalanan (9.00) di Kersamanah (Garut), 3 jam perjalanan (10.00, bulatkan aja ya ke 10.20 pas pemberhentian pertama) sampe di RM Pananjung. Di sini lumayan lama biar ngasih kesempatan penumpang makan dulu atau ke toilet.

Perjalanan dilanjut, tapi berhenti lagi di Terminal Ciamis. Pas gua liat jam di HP, saat itu jam setengah 12 yang nandain jam ke-4. Pas tengah hari lebih dikit atau jam ke-5, bus udah sampe Banjar. Kotanya cukup tenang ya, tapi selanjutnya lebih sepi lagi begitu gue masuk jam ke-6, di Banjarsari sekitar 13:15an. Akhirnya, jam ke-7 atau terakhir, gue udah sampe di Pangandaran, lebih tepatnya pukul 14:23 begitu nginjek tanah di terminal Pangandaran.

searah jarum jam dari kiri atas, Gentong (Tasik), RM Pananjung, Terminal Ciamis, Alun-alun Cisaga (Ciamis), Banjarsari (Banjar), Terminal Pangandaran

Dari Terminal sampe ke Pantainya, gue jalan sekitar 10 menit. Setelah lama banget di bus tanpa tidur, gue bisa rasain pasir di pantai terkenal se-Jawa Barat ini. Suara ombaknya, pohon kelapanya, udah lama gue rinduin.

Muralnya Ibu Susi Pudjiastuti. Tenggelamkan!

Sejam pertama gue cari dulu penginapan, dapetnya di deket SDN 05, murah kok ada yang 120rb per malam. Di sini hampir semua check-in hotel nya jam 2 sore, terus dikasih tau kalo check-outnya jam 12 siang keesokan harinya. Fasilitas yang biasa aja sih, TV, lemari gede, kamar mandi sama kipas angin, nggak pake AC (kalo pake, dapetnya kamar lain, semalam 170rb).

Oke, tas udah gue simpen, saatnya main main di pantai barat Pangandaran! Pasirnya warna coklat, tapi kalo jalan terus sampe deket Cagar Alam ada yang lebih putih. Mau warna apa aja tetep kan banyak yang main ke Pangandaran.

ada monyet gaes

Di Pantai Barat Pangandaran tuh emang yang paling rame, terus banyak pilihan permainan dari main voli, bikin benteng pasir, naik ATV/motor trail, surfing, naik perahu, dll. Buat sekarang, gue coba naik perahu yang nganterin penumpang keliling di sekitaran pantai. Bayarnya sekitar 25rb per orang, tapi itu masih bisa dinego lagi kalo banyakan (sendiri bisa, tapi lebih mahal) dan gue ikut beberapa orang yang udah naik duluan. Makanya, nego dulu atau ikut aja rombongan yang udah ada penumpangnya kalo kalian mau naik tapi hemat.

Tour di perairan ini ngasih liat daya tarik di pantai barat Pangandaran, mulai dari Pasir Putih di Cagar Alam (dari kejauhan dulu), kapal MV Viking Lagos yang ditenggelamkan ibu Susi, si mangnya jelas banget ngasih tau detilnya. Kapal ini dulu berbendera Norwegia, pernah jadi buronan interpol karena curi ikan di perairan Indonesia. Ibu Susi perintahkan penenggelaman kapal ini tahun 2016. Tadinya tegak, tapi lama kelamaan kata si mang nelayan jadi miring terus terbalik ke sisi kayak di bawah ini.

Nggak itu aja sih, ada juga Batu Mandi, barisan batu yang kena air terus jadi kayak mandi (seinget gue gitu kata si mangnya), Batu Kodok, barisan batu lain, sama tempat yang suka dipake ritual atau acara tertentu, disakralkan, dll. Sayangnya HP gue mati kehabisan batre di sini, jadi ya cuma bisa gue liat tanpa kasiin fotonya di sini. Dan di akhir tur, singgah dulu di Pasir Putih. Kata nelayannya kalo gak salah: "Wah, kasihan kang, kubur aja HPnya. Berarti simpen aja di sini (nunjuk kening)", hahahaha

Pasir Putih Pangandaran

Foto sebelum HP abis batre

Pas malemnya ada banyak becak warna warni nunggu penumpang di sisi jalan. Toko suvenir sama baju masih ada sampe jam 9 malem. Lewat jalan Pramuka, liat baju baju sama dagangan lain digantung jadi sedikit diingetin sama jalan Legian di Bali

Toko Baju di Jalan Pramuka

Kata semua orang di sini, hiburan yang rame pas malem di Pangandaran adanya di Kampung Turis. Begitu cek di peta google, jaraknya 45 menit jalan kaki ke arah barat. Yah. Kaki gua udah pegel dari siang jalan kaki ke mana mana, jadi kayaknya nanti dulu. Oh, ya, biar gak kepanjangan, gue bikin 2 bagian aja ya solo traveling ke Pangandaran kali ini, ke-2nya nyusul...