Saturday 19 August 2023

Puncak Bintang: Wisata alam Bandung (kunjungan kedua)

RASANYA udah lima taun sejak terakhir kali gue ke tempat wisata alam Bandung ini. Kalo baru tau, kalian klik aja di sini buat liat kunjungan pertama gue. Tempat ini favorit banget soalnya udaranya sejuk, pemandangan enak di mata, sama bisa buat hiking. 


Oke, ulang lagi aja ya, kalo kalian gak tahu. Tempat wisata alam Bandung ini namanya Puncak Bintang. Di sini, kalian bisa alami banyak hal, tapi yang bagus bagus aja ya, hehe. Setelah gue nempuh jalan nanjak banget dari arah Saung Angklung Udjo, lewatin Cartil (Caringin Tilu) akhirnya sampe juga di TKP. Sebelum masuk, ada petugas parkir dulu yang haruskan kita bayar Rp. 5,000 buat motor atau Rp. 10,000 (mobil). 


warung sebelum P. Bintang. Terus aja nanti sampe

Selain ada Puncak Bintang, tempat wisata lainnya itu Bukit Moko yang isinya restoran pake latar belakang pemandangan kota sama ladang pertanian yang sama. Buat yang cari tempat camping Bandung yang bagus, atau Hiking, ini pilihan yang patut kalian coba datengin deh. Letaknya yang di dataran tinggi banget ngasih pemandangan kota sama ladang pertanian yang bagus banget. Harga tiket masuk Puncak Bintang Bandung itu Rp. 15,000, dan Rp. 25,000 buat yang mau camping


pos tempat masuk Puncak Bintang

Buat entri ini, gua mau jelasin aja ya yang ada di Puncak Bintangnya aja, di sekuel ketiga (jir kayak film aja) baru gua mau muat hiking ke Sesar Lembang dari Puncak Bintang. Perbedaan entri ini sama 5 tahun lalu, ada di waktu settingnya, sekarang gue dateng ke sini di pagi hari alih alih sore kayak sebelumnya.

peta tempatnya



musala (kiri) pusat informasi (kanan)

Fasilitasnya lengkap dari musala, kamar mandi, pusat informasi, sampe saung yang ada terminal/stop kontaknya. Air di kamar mandi di sini dingin banget, soalnya konon langsung dari bukit. 

Kita bisa pilih mau ke mana aja, dari Puncak Bintang, Dermaga Bintang, tempat perkemahan, atau hiking ke Sesar Lembang. Udara pagi Bandung utara ini masih seger banget ngajak gue buat ke hutan pinus di sini. Beneran sejuk dan bikin tenang, bray. Dan gua terus ikutin jalan berbata itu yang bawa gue ke... (bersambung)

Kok bersambung? Soalnya itu nanti gue ceritain lagi di entri terpisah. Gua lanjutin dulu ke Dermaga Bintang yang ada di sebelah selatan atau belok ke kiri dari gerbang masuk. Tempat yang biasanya lu temuin di pelabuhan ini malah ada di dataran tinggi Bandung Utara, tapi bukan buat kapal. Ini spot berfoto yang bagus kayak tadi disebutin apa aja latar belakangnya, sekaligus ada udara sejuk dari hutan pinus di pinggirnya. Sama aja sih, dermaga ini dari taun 2018 pas pertama gue ke sini, berarti dipelihara bener bener sama pengelolanya.







Kalo Dermaga Bintang masih sama, gimana kalo Puncak Bintang? Mumpung masih di sini, gua samperin. Jaraknya cukup deket, (dari dermaga bintang ke pos 200m, dari pos ke Puncak Bintang 200m juga) keliatan kecil dari Dermaga Bintang, begitu juga sebaliknya. Tanjakannya nggak terlalu curam sih, soalnya tiap tangganya lumayan panjang dilapisi paving block. Tetep pengunjung diminta hati-hati, soalnya licin kayak yang ditulis di papan peringatan.


Nggak butuh waktu lama, akhirnya gue nginjek tempat tertinggi di sini (di luar sesar lembang). Ketinggiannya ada di 1,442 mdpl, ditulis di papan tanda di belakang papan Puncak Bintang ini. Udara di sini juga sama sejuknya, terus di balik ini jadi tempat kemah yang disediain.





Sesuai nama tempatnya, ada bintang

Pemandangan dari Puncak Bintang

Setelah 5 tahun ditinggalin, masih sama kok pesonanya Puncak Bintang sekarang ini. Udara segarnya ini pasti dibutuhin banget di tengah pencemaran di tengah kota yang mulai bikin khawatir, itu juga menurut gue sih dipengaruhi cuaca. Ini tempat camping & foto foto atau sekedar ngadem aja yang pasti bikin lo suka, tiketnya nggak bikin kantong bolong ditambah lagi jalan yang mengarah ke sini juga nggak kalah bagus lho pemandangannya. 


EmoticonEmoticon