Friday 20 October 2023

Puncak Eurad, Tempat Pemandangan Bagus di Perbatasan Subang KBB

MAU cari pelarian dari kota yang macetnya gak selesai selesai? Pengen ke tempat yg udaranya seger sama pemandangan yg beda? Nih, gue ceritain ya tempat yg selama ini mungkin lo cari, adanya di daerah Wangunharja, deket perbatasan KBB/Subang. 

Nama tempat wisata ini Puncak Eurad. Gue sempet mikir dibacanya 'yurad', tapi yg bener pake pelafalan bahasa Sunda. Jaraknya sekitar 12km dari Alun Alun Lembang, atau 30 menitan dgn kendaraan. Jalannya gak begitu rame lalu lalang kendaraan kecuali warga sekitar yang bawa hasil berkebun. Nah, dari Giri Wening kayak yg posting sebelumnya gue tulis, sebentar kok perjalanannya pake motor. Awalnya gue mau jalan ke sana, tapi urung gara gara cuaca tengah hari yg panas banget, paginya kan gue abisin di Giri Wening.


Harga tiket masuk Puncak Eurad bisa kalian beli dengan uang Rp. 5,000. Ada tambahan Rp. 5,000 untuk parkir motor, jadi dalam kunjungan gue kali ini keluar Rp. 10,000. 

Pintu Masuk Puncak Eurad

Langsung gue rasain suasana angin yg segar di dalem sini. Fasilitasnya lumayan lengkap, dari warung makanan, spot foto, ayunan sama toilet. Gue liat ada 2 wahana atau lebih tepatnya jembatan buat berfoto, tapi masih ditutup karena memang lagi diperbaiki sama dibangun. 

 

jembatan yang ditutup

Salah satu spot foto yg menurut gue paling pas ada di platform di bawah ini. Tulisan di satu papannya : "Wisata Alam di Atas Awan" sama yang satu laginya di sebelah kanan "Kenapa harus sedih saat putus? Layang-layang aja kalo putus banyak yang ngejar." siiiipp! Nggak usah khawatir jalan di jembatan bambu ini, sama duduk di bangku kayunya, aman kok. Pemandangannya enak banget di mata, hidung, sama hati. Hamparan perbukitan, hutan, sama lahan pertanian dengan angin segar yang lumayan kencang tapi masih nyaman bikin tenang di dalam hati. Ada satu lagi spot foto dengan bentuk mirip kapal yang juga ngasih latarbelakang pemandangan yg sama, dari sudut berbeda.


menghadap ke desa Cikendung (udah termasuk Subang)



Udah puas nih duduk duduk sambil berfoto, sekarang waktunya buat ke destinasi yang jadi nama tempat ini, Puncak Eurad. Dari tempat berfoto, keliatan sedikit terjal jalannya, sama ada beberapa saung yg sayangnya perlu dibersihin sama dirapihin lagi.





Pendakian ke puncaknya relatif cepet kok, cuma memang butuh tenaga sama hati-hati aja. Area puncaknya gak begitu luas dan masih dikelilingi pepohonan. Plang puncaknya ini menghadap ke arah barat, nandain ini ada di ketinggian 1,485 mdpl. Gue liat ada bekas bekas api unggun, berarti orang jadiin puncaknya ini tempat kemah yang pas.



ikutan foto ya di puncak, hehe

difoto dari puncak Eurad



Ngerasain sendirian duduk di dahan pohon puncak ini, gak ada gangguan sama sekali rasanya tenang. Gue gak liat banyak sampah di sini, artinya tempat ini bagus perawatannya. Sekira 30 menitan di atas, gue turun juga. Ternyata pas turun lebih banyak lagi pengunjung lain, dari yang naik sepeda bareng komunitas, yang mau kemah atau yang iseng aja dateng kayak gue. 

Kalo dari gue sih tempat ini bagus banget potensinya, tempat cari pemandangan desa, hutan sama pegunungan yang relatif gak terlalu jauh dari pusat kota. Biar lebih maksimal lagi, harus diperhatiin lagi sih fasilitasnya, kan tadi udah disebutin dari jembatan sama saungnya. 

Gue sempet ngobrol sama bapak bapak yg sering ke sini, katanya memang ramenya di akhir pekan buat santai sama kemah. Pedesaan yang di lembah itu sebenernya udah masuk kabupaten Subang, dan beliau juga sebut untuk hiking ada lagi tujuannya, yaitu curug di Capunagara. Kapan kapan kali ya... Tapi sebagai penutup, kunjungan gue ke Puncak Eurad sama di posting sebelumnya ke Giri Wening menyenangkan juga. Udara, pemandangan, sama suasananya itulah yg gue dapetin, meskipun beberapa hal mesti diperhatiin lagi biar kepuasan pengunjung makin naik. 









EmoticonEmoticon