Tuesday 24 October 2023

Hiking Batu Kuda Manglayang Cileunyi

HIKING gue kali ini untuk pertama kalinya ke arah timur Bandung, tepatnya di daerah Cileunyi. Berdasarkan info yg gue dapet dari hikers selama jalan di Lembang, saran tempat hiking di sekitar Bandung yg patut gue coba adalah Batu Kuda. Karena sebelumnya gue gak tau menahu daerahnya kayak gimana, sampe bertanya tanya; mungkin ada batu yg bentuknya kayak kuda ya? atau tempat hiking yg cukup menantang karena ada deket gunung Manglayang sesuai kata orang? 


Perjalanan dari pusat kota Bandung sampe ke Wisata Batu Kuda lumayan panjang, hampir sejam dgn medan yg menanjak di daerah Cileunyi. Buat yg nanya berapa harga tiket masuk Batu Kuda Cileunyi. harganya Rp. 10,000 per orang untuk hiking dan Rp. 15,000 per malam untuk camping. Bisa juga kok sewa alat alat kemah dari hammock, tenda, sampe kompor mulai dari Rp. 20,000.


pintu masuk Batu Kuda


Pemandangan hutan pinus jadi daya tarik buat banyak orang tamasya dgn suasana outdoor sama camping di sini. Luas banget kok tempatnya, makanya waktu ke sini cukup rame suasananya. Ada yg main, santai pake hammock, camping, dll. Selain itu, ada jalur hikingnya juga buat para petualang telusuri, yg kalo lebih serius lagi bisa naik ke gunung Manglayang. Wah, menarik ya, coba kita jajal jalannya.




Dari pintu masuknya, gue dikasih tau ada objek wisata yg menarik yg jadi nama destinasinya, Batu Kuda, yg jaraknya sekitar 700m. Medannya sedikit nanjak dan banyak batu tapi masih oke lah buat hiking santai. Di antara batu batunya, beberapa besar, jadi enak buat tempat istirahat kalo mulai capek susuri jalan setapak ini atau mau duduk aja liat pemandangan alam.

jalur hiking di Batu Kuda




Dan gambar di ataslah batu yg tadi dimaksud. Letaknya di sebelah utara dari pintu masuk. Bentuknya gimana? Ya, kayak kepala kuda dgn 'moncong'nya di paling atas, makanya tempat wisata ini disebut Batu Kuda. Seakan jadi kepala kuda yg muncul dari tanah. Ini terbentuknya juga alamiah loh, bagus kan?

Saung di sisi batu



Dari Batu Kuda, gue telusuri lagi jalan setapak ini yg mengarah ke utara. Belum jauh dari batu, gue udah nemuin kumpulan bunga sepatu yg mekar, ngasih warna yg beda di tengah alam di bawah gunung Manglayang ini. Sengaja gue liatin aja tanpa sentuh, biar keindahannya terjaga.






Setelah sekitar 10 menitan dari bunga sepatu ke sebelah barat, gue sampe di tempat favorit lainnya di sini, yaitu di dermaga. Kita bisa liat pemandangan kota Bandung sebelah timur, malah keliatan loh tol Cisumdawu, Masjid Al Jabbar sama stadion GBLA semu-semu kehalang awan. Dermaganya aman kok, kuat, bisa nampung banyak orang dan luas juga. Hati-hati kalo mau selfie, biar HPnya gak ketiup angin yg lumayan kenceng.


Gue sempet ngobrol lama bareng pengunjung lain, katanya ada jalur pendakian gunung Manglayang tepat di belakang dermaga ini. Gue kan persiapan cuma buat hiking santai aja, tapi mungkin patut dicoba kali ya, sekuatnya gue aja dulu. Tenang, itu kita ceritain di posting selanjutnya yg terpisah ya. Biar suasana santai ini masih kejaga, kita bahas dulu aja wisata 'santai'nya. 



Setelah gue cukup puas nikmati pemandangan alam, saatnya gue turun dan masuk lagi ke hutan pinus yang rame disebut di awal. Buat turun, gue arungi jalan yg kelok kelok yg ternyata dinamai Tanjakan Kunang Kunang, kayak yg ditulis plangnya. 

jalurnya di sebelah kiri bawah foto

Kalo kalian pengen ke dermaga lewat jalan yg cukup santai, bisa lewat Tanjakan Kunang Kunang, langsung lurus dari pintu masuk alih alih ambil jalur kanan yg tadi yg mengarah ke Batu Kuda. Pulangnya bisa juga muter biar ngeliat Batu Kudanya, yg berarti berlawanan sama rute yg gue ambil. Karena masih di musim kemarau, rerumputannya kering, padahal gue yakin pasti hijau cerah semisal kemarau udah selesai dan rumputnya tumbuh subur lagi. 





Mungkin segitu dulu aja ya perjalanan gue ke Batukuda. Tempatnya lengkap buat siapa aja dari hikers, pendaki gunung, atau pengunjung biasa aja yg cuma mau kemah sama senang senang di suasana outdoor. Tiketnya yg murah sama pemandangannya yg bagus bikin tempat ini patut kalian coba alami sendiri kayak gimana serunya.


EmoticonEmoticon