Thursday 19 October 2023

Wisata Giri Wening, Tempat Ngadem di Lembang

DARI petualangan gue hiking di daerah Lembang, ada satu tempat yg bikin penasaran, yaitu Giri Wening. Letaknya agak ke timur laut alun alun Lembang dan beberapa kali gue heran sama bertanya tanya kapan sampenya. 

Tapi begitu gua akhirnya tiba di tempat ini, langsung ngerasa udara segar dari hutan pinus. Ya, di Giri Wening banyak pohon pinus. Suasananya tenang banget, gak banyak orang lalu lalang di sini. DI gambar di bawah ini, ambil jalan ke kiri dan langsung deh, turuni jalannya yg gak begitu curam, tapi enak banget buat mata lihat sama hidung hirup.



Untuk masuk ke Giri Wening, gak lagi pake tiket (gak ada HTM), langsung aja. Sayangnya tempat ini kayak ada di bawah bayangan masa lalunya yg pernah ada. Menurut informasi, ada tempat panahan, tapi udah gak dipake lagi dgn target dibiarin aja di tempatnya. Musala masih ada, terus bangunan lainnya yg semi permanen keliatan kurang keurus. Barulah di seberangnya, warung warung berdiri yg keadaannya lebih bagus. Emang sih enaknya di sini nyantai dengan latar belakang hutan pinus sama udara sejuk.





Daya tarik Giri Wening menurut gue itu ada di suasana hutan pinus sama jalannya, masih tanah berbatu dan alami, kedaerahan banget. Makanya bagus buat foto foto, apalagi misal cuacanya lagi cerah.


Dari tulisan GIRI WENING, jalan setapak bawa gue ke dalem hutan. Medannya sih gak begitu sulit, gak banyak rintangan. Baru sekitar 15-20 menitan jalan, gue ngerasa sendirian banget. Rumah warga sama saung/tenda tempat simpan kayu bakar sama hasil bertani gak keliatan satupun penjaganya. Daripada gue nyasar, mending balik lagi, kan. Tapi gue sempet rasain ketenangan walaupun sebentar di hutan ini. Sesampainya gue di warung  dikasih tau sama orang di sini kalo jalannya memang mengarah ke hutan dan buat pemula kayak gue mending jangan jalan sendirian.

ini jalan yg gue ambil

getah karet yg baunya masih seger

Ke arah barat, atau tanjakan satunya lagi, kita bisa datengin spot foto yg setelah gue telusuri jalan setapak di bukit kecil. Warung warung ada di sisinya, tapi kayak yg udah gak kepake. Seenggaknya gue masih bisa fotoin alam hutan yg bikin seger mata pemandangannya.


kurang lebih begini kalo di foto dari tanjakan

Gue ngobrol cukup lama sama orang yg ngejaga tempat ini. Diceritain kalo memang sekarang keadaannya udah berubah dibanding dulu. Beberapa objeknya udah gak ada, kayak jembatan mini. Sayang, ya, semoga bisa dibenerin lagi biar lebih rame.


Buat alternatif, pengunjung bisa kemah di camping groundnya.Tapi dia juga ngasih tau tujuan lainnya, yaitu puncak Eurad yg adanya 1km lebih ke sebelah utaranya Giri Wening. Di Giri Wening kan gak ada tiket, paling bayar parkirnya aja, buat motor bayar Rp. 5,000. Biar gak terlalu panjang, bahasan Puncak Eurad gue bikin di posting selanjutnya ya...




EmoticonEmoticon