Sunday 29 December 2019

Tahun 2010an : Kilas Balik Dekade (Bagian 3)

Dekade 2010an cuma tinggal beberapa hari aja sebelum tutup dan diganti dekade 2020an. Gua sajiin hal-hal yang bakal jadi bahan obrolan kangen-kangenan di dekade 2020an atau 2030an dan seterusnya. Ini entri ke-3 dari kilas balik 2010an, sebelumnya ada 2 entri yang duluan gua tulis, dan kebetulan masih ada niat ngebahasnya.

kayak merk baju mahal itu, apa sih....

Rumus 3B: BB, Behel, Boil

Ini yang katanya jadi status sosial (maksudnya biar disebut gaul/eksis) di awal 2010an. Ada suatu masa di mana orang pandang kalian gaul kalo pake Blackberry (waktu itu masih mahal) apalagi pake paket full service, gigi dipasang behel, dan bawa mobil. Ya, begitulah jaman dulu.

Gambar : bivinsortodontics.com
Nom Nom ! Enak !

Medio 2011an sempet ada tren Keripik Pedas (sering disebut juga Kripik Setan). Gua inget waktu itu di pinggir jalan banyak orang jualan, yang barangnya disimpen di bagasi mobil, lapak, atau sebagainya. Ada juga yang jual online via Twitter dan nitip di toko besar/mal, tapi ngga banyak yang selamat dari tren baru.

Buat makanan beratnya, tren masakan Asia (Jepang dan Korea) nyebar ke mana mana dan bertahan cukup lama. Makanan kayak ramen, udon, bibimbap, bulgogi, kimchi, dll. bisa gampang dicari karena banyak resto yang jual. Apalagi dengan tren K-Pop di 2010an awal, minat orang sama makanan Korea jadi naik dari sebelumnya.

Sate Taican jadi makanan baru yang muncul di 2010an, diciptain sama orang Korea Selatan atau Jepang tergantung versinya. Ayam Geprek, yang berasal dari Jogjakarta, mulai populer sekitar 2016an. Keju mozzarella hampir dipake di makanan apa aja waktu itu. Menuju akhir dekade (2019), paket BBQ Asia dan makan sepuasnya (All You Can Eat) jadi rame, ditambah Se'i khas Pulau Rote, NTT.

kayaknya ini makanan terpopuler 2010an

Makan berat udah, penutupnya mana? Kalian mungkin mau lagi kue yang harus ada aroma teh hijau (green tea) atau martabak yang topping-nya dipenuhi segala macem bahan dari cokelat Nutella, Kit Kat, dll. Fenomena kue artis sempet heboh di 2017 tapi cepet menghilang juga. Inget dulu viralnya macaron, moci es krim? Ketan mangga? Minumnya mau teh boba, mangga Thailand, mojito, capcin, atau air infus buah-buahan? Ngga, gua bukan mau beliin atau bikinin kalian, hehehe! 

Beberapa makanan yang masuk Panggilan Terhormat dalam daftar "Makanan Paling Hits 2010an": Rainbow Cake (2012), Seblak (2013-...), Kue Cubit (2014), Tahu Bulat, Burger Item (2015), Chitato rasa Indomie Goreng (2016), Es Kepal Milo (2017), KFC Telor Asin, Baso Aci, Donat Indomie (2018), makanan serba areng (charcoal, 2019).

Es Kepal. Foto : magazine.job-like.com

Di luar makanan "kekinian" yang musiman -datang dan pergi- makanan yang lebih tradisional makin terangkat di 2010an. Nasi Goreng dan Rendang bahkan pernah tempati posisi 1-2 makanan terenak di dunia versi CNN (2011).

NB : nggak akan ada yang sebut fenomena warung kopi kekinian mewabah di seluruh Indonesia? Oh iya.

Tarik Tongsis, trus Selfie!

Taking pictures of my self, self, self 
Guess I'm reaching out to be assured
All I wanted was to be adored...

Buat yang nggak tau, itu penggalan lirik lagu Selfie dari penyanyi Skotlandia Nina Nesbitt tentang kegiatan selfie atau potret diri sendiri. Istilah selfie jadi populer di awal 2010an dan masuk Oxford English Dictionary di taun 2013. Di taun 2009-10, orang masih nyebut itu foto narsis.

Gambar : pngtree.com

Naruto si Monyet aja bisa selfie. Foto : David Slater

Dengan sukanya orang-orang selfie, tempatnya pun dibikin sebagus mungkin, dari yang gratis atau yang berbayar; foto bareng cosplayer di trotoar deket tempat wisata, atau bangunan khusus wisata selfie. Eh, lupa, sebelum 2013 orang pasti bertanya-tanya "Apaan tuh tongsis?" Oh, buat ngejepit HP pas foto-fotoan.

"Hei guys, kembali lagi di video aku!", "Hei guys, kita lagi di.... nih!"

Kalo selfie kan cuma foto, di video orang bisa berinteraksi langsung (lewat streaming) dan bercerita lebih panjang. Semua direkam termasuk lagi makan, liburan, kerja, eksperimen, liatin barang belanjaan baru, dan masih banyak lagi

Di dekade 2010an banyak banget orang yang suka nonton video blog (vlog) di Youtube dengan tema-tema yang disebut di paragraf sebelumnya. Nggak heran, popularitas para pembuat video ini bikin mereka terkenal dan punya banyak subscriber yang selalu ikutin video-video terbaru mereka.

Jadi Terkenal Lewat Media Sosial

Istilah influencer atau selebgram (untuk yang terkenalnya di Instagram) mulai dipake orang-orang buat sebut para tokoh terkenal di dunia maya. Biasanya, selain yang kreatif & hebat, yang cantik/ganteng bisa naik daun, entah apapun profesi mereka. Sering liat kan ada sales mobil cantik atau pemilik usaha kopi klimis pengikutinya sampe ratusan ribu.

Para selebgram 2010an. Gambar : topikmenarik.over-blog.com

Kok Jadi Banyak Orang Tua di Beranda?

Ngga, bukan karena mereka kena kutukan jadi tua dalam semalem, atau kebanyakan marah jadi cepet tua. 


A: Hei, kamu udah coba belum FaceApp? 
B : Belum, emang apaan sih itu?
A: Gokil tau, muka aku jadi konyol kalo tua!

Fitur Faceapp ngga cuma jadi tua. Ditangkap dari : faceapp.com

Tantangan atau Challenges

Mungkin pernah ya dingin-dinginan ikutan Ice Bucket Challenge, diem kayak patung di Mannequin, berlagak a la jago beladiri di Bottle Cap, konyol-konyolan Seberapa Greget, atau nostalgia 10 taun ke belakang lewat 10yearchallenge.

Ada juga Challenge berbahaya; Skip Challenge, In My Feelings/Kiki di mana orang keluar dari mobil sambil nari-nari ikutin musik, atau Choking yang bikin seorang ABG di Amerika Serikat meninggal.


1 comment


EmoticonEmoticon