Monday 30 December 2019

Lahir di Akhir Tahun dan Rasanya Seperti Apa


Kalian yang lahir di akhir bulan Desember mungkin pernah ngerasa sesuatu yang beda dari orang lain, atau punya ciri khas, kelebihan/kekurangan tersendiri, atau hal spesial. Nah, tulisan ini bisa jadi cuma dimengerti kalian yang lahir di akhir tahun yang berarti juga ulang tahun di akhir Desember. 

Ngga Kena Perangkap Jahil di Sekolah

Kalo liat temen sekolah yang dikerjain, kena prank ulang tahun di waktu istirahat atau pulang, yang ada di benak kalian cuma: “Gua sih ngga akan.” Seenggaknya, kalian nggak akan mendadak jadi “adonan roti berjalan” hasil lemparan temen-temen atau panik ada sesuatu yang tiba-tiba hilang (padahal disembunyiin).

Sayangnya, Itulah Momen Ulang Tahun yang Ngga Pernah Ada

Karena di saat kalian ultah, pasti udah setengah jalan dari libur sekolah.

Tapi, Kadang Malah Berbalik Jadi Menyenangkan

Ini baru bisa terjadi selepas kalian lulus sekolah/kuliah trus kerja. Bayangin, ulang tahun pas di hari Cuti Bersama Natal & Tahun Baru, kalian rayain ulang tahun sama keluarga, pacar, sahabat, atau siapa aja (maaf ya buat yang ultahnya di Harpitnas, tapi tiap taun Cuti Bersama selalu berubah).

“Harusnya Gua Masuk Angkatan Adik Kelas.”

Rasanya ini nggak lagi berlaku setelah 2010an, tapi sebelum tahun itu, masih ada yang begitu. Dulu, sewaktu belum ada aturan ketat masuk SD, anak yang umur 5 tahun masih bisa diterima. Misalnya kalian lahir 1991, mungkin ada temen sekelas yang lahir di awal 1992 yang berarti akhir 1991an termasuk juga.

Sekarang, umur minimal masuk SD itu 6 tahun, yang artinya anak kelahiran akhir 2014 baru bisa masuk SD di 2021, ketinggalan 1 angkatan dari temannya yang lahir awal & pertengahan taun yang sama. Kalian yang ngga sempet kena aturan ini (yang lahir di akhir taun) pernah ngira harusnya ikut angkatan bawah. Buat yang kena, kadang termasuk yang paling “senior” atau dianggap “tua” di kelas.

Kalian Jadi yang Terakhir Berulang Tahun di Antara yang Lain

Ada ungkapan katanya “Simpan yang terbaik untuk saat-saat akhir”, berarti bolehlah ya kalian disamain ama yang terbaik, hehe. Pernah ya mikir kalo kalian jadi yang paling muda?

Kadang Orang Sering Salah Kira Umur

Misal kalian lahir tahun 1995, di awal sama pertengahan tahun 2019 sering disebut udah 24 tahun (padahal kan belum ulang tahun, ya?) Dan itu bakal terus diulang sepanjang hidup, atau sampe orang liat tanggal lahir kalian. Orang juga malah anggap kalian lahir di taun setelahnya. Ini yang bisa bikin pusing kalo mau daftar sesuatu yang ada batas ketat umurnya.

Udah Kebal Candaan Ulang Tahun

A : Lahir tanggal berapa, sob?
B: 31 Desember
C: Dikit lagi padahal 1 Januari
A: Iya sih, tapi seneng aja beda, trus gampang diinget. Tiap gua ulang taun orang-orang pasti nyalain petasan ama kembang api, kayak yang dirayain semua aja, gitu.
D: Wah, tanggung ya akhir taun.
 
A: (dalam hati) Ya terus gua harus gimanaaaaaaaaaa?????



EmoticonEmoticon