Friday 12 April 2024

Bukber di Masjid Bandung : Bagian 4

AGAK telat bahas ini, tapi selama bulan puasa yg baru aja dilewatin, gue seperti tahun tahun sebelumnya suka bukber di masjid. Gue mau cari pengalaman unik di tiap masjidnya, pengen rasain apa aja makanan di sana, terus suasananya yg ada.

Tempat pertama di bulan puasa yg gue kunjungin itu Masjid Salman ITB, tapi sayangnya gue gak kebagian makanannya. Lanjut sehari kemudian gue sambangin lagi Masjid Istiqomah di Jalan Citarum. Masih sama kayak biasanya, setelah solat magrib, makanan disajikan ke jemaah yg mesti baris rapi dulu. 

Nah, sewaktu gue dateng, makanannya ada gorengan, kurma sama air minum buat buka, dan setelah solat ada makan beratnya/main course. Kali ini ada nasi, sayur lodeh, perkedel, fillet ikan sama sambel. Makanannya ganti tiap hari tapi gue cuma 1x ke sini di tahun ini.


Hampir setahun ini kan gue suka ke Lembang buat hiking, dan tiap kali berangkat lewat Masjid Besar Lembang yg bersebelahan sama Alun Alun. Tapi gimana ya, suasana buka puasa di sana? Di tengah hujan yg tiba tiba turun, gue sempetin buat rasain, meski harus basah basahan. Begitu azan, langsung aja ikut duduk di dalam masjid, nanti dibagiin hidangannya yg berupa kue, gorengan (gak kefoto, udah dimakan) sama kurma. 

Berhubung ini di alun alun, banyak orang yg ngumpul di sini, entah buat ngabuburit atau main aja. Di sekitaran masjid dan jalan Lembang ini juga pilihan jajanannya beragam





Balik lagi ke Bandung kota buat tempat ketiga, yaitu Masjid Raya Cipaganti. Masih seperti biasa juga, ngantri buat dapetin makanannya. Kali ini gue dapet bubur kacang, teh botol sama kurma. Sehabis solat, gue lanjut makan berat, pesen mie ayam cipaganti yg terkenal itu.



Di awal kan disebutin kalo bukber di masjid pertama gue tahun 2024 ini diwarnai gue gak kebagian makanan, tapi kenapa ya? Ternyata tata caranya untuk 2024 ini beda dari sebelumnya, yaitu tinggal tunggu makanannya setelah solat. Di percobaan kedua, gue tanya dulu sana sini, dan akhirnya ketemu jawabannya: gue gak dapet kupon makanan, yg bisa diminta di dalam ruangan masjid. Gue kebagian kupon warna hijau, satu di antara tiga yg ada selain putih sama biru. Masakannya juga beda antara kupon itu.



Begitu solat magrib selesai, jemaah yg ada kupon bisa langsung antri di booth pembagian makanannya, sesuai warna kuponnya. Lumayan, gue dapet nasi, semacem schotel, fillet ayam goreng, sama tahu. 



Ada beberapa tempat lagi yg gue kunjungi di ramadhan 2024 ini, tapi lanjut ke entri terpisah ya, kepanjangan kalo semua di sini. Klik sini buat kelanjutannya.




EmoticonEmoticon