Thursday 29 February 2024

Gunung Bendera Tempat Hiking Buat Pemula di Padalarang Bandung

PENGEN jadi anak pecinta alam atau naik gunung tapi masih pemula? Pengen mulai dari yg gampang dulu kah? Gue tau solusinya buat kalian. Ada gunung di Padalarang, KBB, yg medannya cukup ringan dan bersahabat banget buat kalian yg baru mau mendaki. 

Namanya Gunung Bendera, letaknya di Kampung Pojok Desa, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, sekitar 24km dari pusat kota Bandung, atau perjalanannya 1 jam (kondisi lalu lintas normal). Parkir motor bisa di rumah warga yg udah dikasih tau di mana sama warga lokalnya, dan parkir mobil juga udah ada tempatnya. Biaya masuk Gunung Bendera ditambah tarif parkirnya itu Rp. 15,000. Pengunjung diminta isi nama, nomor telepon sama tujuannya, bisa camping atau mendaki aja. 


di sini daftar/bayar untuk masuk Gn. Bendera

Di kesempatan ini, gue mulai pendakian dengan jalan lintasin pemukiman warga. Di beberapa rumah udah ada petunjuk jalan ke gunungnya, tinggal ikutin aja atau tanya warga, pasti nyampe. Selepas pemukiman warga, gue lewatin ladang pertanian sama perkebunan, dgn pemandangan perbukitan dan gunung gunung di sekitarnya (kayaknya gunung Puter, coba koreksi di kolom komentar kalo salah).



Jalan dari ladang pertanian bawa gue ke persimpangan atau lahan yg luas. Gue juga liat ada jalan cabang, yg satu ke kiri sama kanan, dan pertama ambil dulu ke kiri. Ada tanjakan, tapi gak terlalu curam & masih ada bagian ratanya. Eh, malah salah jalan, soalnya gue malah sampe di tambang batu, dikasih tau para penambang jalur yg bener ke gunung Bendera. Harusnya ambil kanan. Dan bener aja, mulai ada papan petunjuk yg ngarahin ke tujuan gue.


lahan tambang pasir

salah jalan...

  

Akhirnya, gue ada di jalur pendakian yg bener ke puncak Gunung Bendera. Tanjakannya sih gak terlalu parah, tapi karena tadi salah jalan dan tenaga mulai kepake, harus berhenti 2-3 kali. Beberapa orang yg baru turun camping ngasih semangat, katanya tinggal 1 bukit lagi, udah deket. Gunung Bendera ini gak diselimuti hutan hujan, cuma padang rumput yg nutupin hampir semua daerahnya, keliatan dari jalur pendakiannya. Udah mulai tersorot mata sedikit bangunan yg ada di puncaknya...

Gue raih puncak Gunung Bendera di waktu 1 jam, itupun termasuk nyasar tadi ke tambang batu & foto foto dulu di jalan, soalnya pemandangannya bagus, sob. Di puncaknya, lebih bagus lagi. Kita bisa liat wilayah KBB dan sekitarnya, ada juga Waduk Saguling! Sayangnya, para hikers udah pada pulang, nyisa 1 orang yg masih ambil gambar pake Hpnya, katanya buat konten. 

ya, itu dia


saung di depan gapura puncaknya buat berteduh


Angin di atas sini tiupannya kenceng, harus hati hati biar topi atau apa aja yg kalian pegang gak lepas. Meskipun ini gunung gak termasuk tinggi, tapi daya tariknya pemandangannya yg bagus sama medannya yg relatif ringan, yg jadi kabar bagus buat pendaki pemula. Masih ada tempat hiking lainnya termasuk Taman Batu Citatah, Gunung Puter, sama Gunung Halimun di daerah ini. Baru aja 10 menitan jalan ke utara dari puncak Bendera, eh, hujan. Kayaknya harus lain kali aja ya jelajahin gunung lainnya di sini.


dari puncak Gunung Bendera

Turun gunungnya lewat jalan yg sama kayak pendakian tadi. Yang harus diperhatiin di sini yaitu medannya yg licin sama rumput rumput tinggi. Di daerah persawahan harus lebih hati hati lagi karena lebih licin daripada di gunung. Kurang dari 1 jam, gue udah sampe di warung tempat pendaftaran tadi. Motor aman kok, karena warga juga yg jagain.

Itulah dia pilihan mendaki gunung di Bandung buat kalian yg pengen pemandangan bagus di gunung tapi masih baru dan belum berani ke gunung yg medannya berat. Disaranin dateng ke Gunung Bendera di akhir pekan & libur biar ada pendaki lainnya, ada yg bisa bantu kalo ada apa apa, sama biar lebih rame aja. 





EmoticonEmoticon