Monday 11 March 2024

Hiking Kawah Upas Part 2: Jalan Paling Panjang!

SEBELUM bulan puasa, gue sempetin diri sekali lagi tektok ke Kawah Upas lewat Sukawana. Medan yg gak terlalu berat kayak di Jayagiri jadi menarik buat gue, soalnya di sana perlu kondisi fisik yg lebih oke sama perbekalan cukup. 

Gue mulai jam 07:00 dari sekitaran pabrik teh Sukawana, dgn motor disimpen di lapangan persis di seberang fasilitas itu. Cuacanya udah mendung, tapi gue tetep semangat buat jalan, bareng 2 hikers lain yg datang di waktu yg sama. Dari Trek 11, gue dan lainnya ambil jalur ke kiri karena trek sepeda ditutup, lagi ada yg latihan. Jalannya berkelok kelok sama penuh bebatuan dan rumput yg nampung tetesan embun & air hujan semalam, bikin basah sepatu gue.


Semakin tinggi & jauh di trek ini, gunung Burangrang di sebelah barat jadi kerasa lebih deket. Kapan ya, gue jajal gunung itu? Apa nanti aja beres lebaran? Sayangnya gak sepenuhnya keliatan, ditutup kabut. Giliran kabutnya agak tipis, gue gak sempet foto.

Di titik pertemuan jalur ini sama jalur sepeda, ada pertigaan lagi di atasnya, yg nentuin ke puncaknya lebih lama atau pendek. Jalur ke kiri lewatin hutan, sedangkan ke kanan itu jalur yg bisa dilalui kendaraan. Gue sama yg lainnya ambil jalur kanan yg ternyata lebih landai tapi jauh.


Jalur ini cocok buat kalian yg pengen lebih nikmatin perjalanan, gak buru buru sama yg nyantai. Kadang ada mobil off road, motor trail yg lewat, tapi buat motor yg biasa aja bukan trail atau udah diubah biar bisa masuk medan berat, gue gak yakin bakal kuat ke sini. Di tikungan ke kiri tajam, paling ujung di peta google, udah sedikit keliatan kabut puncaknya, tapi kita masih harus jalan 30 menitan lagi sampe ke tujuan.


titik temu jalur hutan & kendaraan

2 jam setengah lebih nikmatin perjalanan, kita dateng juga ke warung, satu satunya warung di puncak Upas ini. Gorengan bala bala sama gehu enak nih keliatannya, harganya 2,000 per buah. Selain itu bisa kok mesen makan berat (nasi ayam) atau mi instan kemasan gelas, atau beli minuman.


jalan sempit setelah warung ke puncak 

Jam 10:20, gue udah ada di puncak. Sayang banget, cuacanya mendung! Gagal deh ngeliat kawahnya, soalnya putih pekat sama sekali ditutup kabut. Gue tungguin beberapa saat, ternyata cuaca malah makin parah, sampe angin kenceng. Rombongan yg muncak bareng gue terpisah pisah karena mereka ada yg mau turun duluan, gue masih bertahan di sini sampe tengah hari.


sepatu jebol!



Hujan angin ini gak ada tanda tanda mau berhenti, dan gue putusin buat turun dari puncak ini jam 12 siang lebih. Untuk kali ini, gue ambil jalur hutan yg lebih pendek, tapi licin. Begitu sampe di ladang teh, beberapa kali ambil jalan pintas yg juga sama licinnya. Gue sempet jatoh 2x, tongkat dari dahan yg dari awal gue pegang sayangnya malah udah dibuang, padahal harusnya berguna banget di sini sebagai pegangan. Sulit juga sih nentuin mana aja jalan pintasnya, karena bercabang dan gak ada patokan.





Hiking kali ini kerasa beda, soalnya gue ambil jalur tergampang tapi terpanjang & lama buat sampe ke puncak. Gak apa apa sih, seenggaknya gue ngalamin jalur yg belum gue jajal. Gue makasih banget sama hikers yg barengan gue dalam hiking kali ini; Dinda, Arni, Anugrah sama Rian. Gue emang selalu kasih ucapan di akhir tulisan, supaya inget aja dan kalo nanti di pendakian lain ketemu, jadi ada temen lagi.


EmoticonEmoticon