Monday 29 January 2024

Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldi di Bandung

BALIK lagi ke Tahura, buat jalan jalan sore yg alami daripada cuma JJS di mall atau pertokoan. Kunjungan gue kali ini buat liat bunga terbesar di dunia, yaitu bunga bangkai yg nama ilmiahnya rafflesia arnoldi. Letaknya gak jauh dari pintu masuk Tahura, cuma belok kiri setelah jembatan, di pinggir warung-warung baru hasil renovasi.





Ini dia bunganya... Sayangnya, gue telat.
Bunganya udah mulai melayu dibanding beberapa hari yg lalu. Bunga bangkai cuma mekar beberapa hari aja, dan berdasarkan informasi yg gue dapet, justru di hari Jumat (26/1) bunga ini mekar sempurna.


Bunganya punya tinggi sekitar 2 meter, dipagarin supaya gak dipegang pengunjung taman. Orang orang bisa berfoto di depan pagarnya, dan memang lumayan banyak yg ganti giliran buat berpose di depan bunga ini. Kalo di siang hari, justru gak ada baunya yg terkenal itu.




Biar gak cuma fotoin bunga bangkai, gue lanjutin kunjungan gue dgn sedikit hiking, tapi yg ini gak pake tujuan, sebisanya aja. Suasana sore ini nyantai banget, udah gak begitu banyak pengunjung kayak biasanya di pagi hari terus matahari juga lagi bagus bagusnya, sama langit yg cerah. Pas banget kan buat tektok sedikit?



masih heran, jadi Goa ini ada di Indonesia atau Jepang?


gelap, ya?

Sekitar beberapa bulan sejak gue ke sini, ternyata jalan hikingnya udah dibuat lebih nyaman lagi. Di pinggir jalannya, udah dibuat saluran irigasi dari beton, dan masih dikerjain sampe ke pertigaan sebelum tempat Penangkaran Rusa.





kurang pas kan kalo ke Tahura tapi gak ke Goa Belandanya?


Hiking dadakan kali ini cuma sampe Penangkaran Rusa. Gue gak rencanain sih sampe ke air terjun terakhirnya, Curug Omas, segini aja udah cukup karena ini udah sore juga. Sembari liatin golden hour, liatin para rusa makan & ngumpul di penangkarannya itu ngebawa suasana yg ceria.





Meskipun gue telat dateng dan gak kesampaian liat bunga itu mekar sempurna, tapi ini jadi pengalaman langsung pertama gue. Kapan & di mana lagi ya bisa sedeket ini, apa harus ke Kebun Binatang Bandung? atau ke Bengkulu, tempat asalnya? 


EmoticonEmoticon