Wednesday 20 April 2022

Bukber di Masjid Bandung: Bagian 2

Ini sambungan dari entri sebelumnya, klik aja itu kalo belum baca. 



Pengen bukber tapi  ngga mau yang biasa aja kayak ajakan temen-temen kalian? Atau mau sambil jalan-jalan? Kali ini gue mau ngasih lagi referensi buat kalian sekaligus gambaran kayak gimana suasananya bukber di masjid-masjid kota Bandung.


Sabtu sore jadi setting waktu kunjungan gue kali ini. Langit udah mulai gelap, ngga cuma deket sama waktu maghrib, tapi emang kayak yang mau hujan. Awalnya gue mau ke TSM, tapi karena ngantri bensin panjang banget -udah 17:28 selepas gue isi Pertalite- itu maksa gue ganti rencana. Yaudah, ini harus di tempat terdekat aja; Masjid Raya Cipaganti.


Jalan Cipaganti padet yang bikin gampang disebrang buat gue (parkir motor di Ciwalk). Beberapa orang yang duduk-duduk di teras masjid sama koridor di sebelah kanan nunggu jam buka yang ngga lama lagi. Makanan & minuman berbuka di masjid ini udah disiapin di depan tempat wudu, tinggal diambil aja secukupnya.




Begitu azan, turun hujan, gede banget. Seenggaknya gue udah dapet makanan; bala-bala, lontong ayam, kroket, kurma sama sop buah. Gue berteduh di teras bareng orang lain yang juga bukber di sini, meskipun ngga bisa denger apa yang mereka bilang akibat hujan deras.

Besoknya, gue mulai nyasar daerah lain yang agak jauhan, Trans Studio Mall (TSM). Dulu, mall ini namanya Bandung Supermall (BSM) tapi ganti jadi nama yang sekarang sekaligus manajemennya. Ngga cuma itu bedanya, TSM punya masjid yang mewah banget.




Masuk masjid lewat bawah, gue sengaja biar wudu dulu. Begitu di dalem masjid, gue ikut barisan orang yang lagi nerima makanan berbuka di masjid TSM ini. Yang gua dapet, es buah, kurma & air mineral.




Selain pengunjung mall, ada juga anak-anak di sini. Kayaknya sih mereka lagi ikut bukber, bajunya samaan semua, trus ada beberapa orang dewasa yang ikut mereka sambil ngobrol sesuatu (ngga tau apa). Pas beres solat, ternyata masih ada lagi makanan di meja tempat antri tadi. Satu risoles segitiga lumayan lah buat lengkapin buka puasa di sini...




Tempat ketiga di entri ini bawa kita ke tengah kota, di daerah jalan Citarum. Masjid Istiqomah, yang belum pernah gue samperin selama ini. Dateng di saat saat mepet banget sebelum buka ditambah mendung sempet bikin gue agak ragu bakal sampe apa ngga. Gimana kalo cuma bisa buka di jalan, minum air mineral botolan yang selalu gue bawa kemana aja? Ngga seru kan. Untungnya, gue masih bisa sampe, waktu nunggu buka tinggal 10 menit.



Beres wudu & cuci muka pake sabun Kahf yg disediain, gue langsung ke dalem mesjid, ambil segelas teh manis trus ikut orang lain yg juga tunggu azan. Waktu pihak mesjid bagiin makanan, gue cuma dapet 1 kue pukis, padahal masih ada makanan lain macem lemper & bala bala.




Sajian buka bersama di masjid istiqomah ternyata ngga itu doang. Masih ada makanan lain di meja yg masih ditutup. Ini sih bakal prasmanan, tapi segitu aja perkiraan gue. 

Beres solat magrib, jemaah langsung balik ke belakang tempat tadi mereka nerima teh manis & penganan ngebentuk antrian panjang. Gue ngga terlalu jauh di belakang posisinya. Giliran gue tiba dan menunya kayak di nikahan. Bagus lah. Ada nasi, ayam goreng serundeng, oseng kacang panjang & jagung, sup yg cuma satu centong per porsi trus dicampur ke piring nasi, sama kerupuk. Penutupnya, ada pudding.



Jemaah-jemaah di sini tertib makannya, beda sama di resepsi nikahan meskipun menunya agak sama. Kata satpam masjid, menunya tiap hari diganti, jadi besoknya bakal beda lagi.

Masih banyak lagi masjid besar yang mau gue datengin, cuma kan buka puasa itu bisanya di 1 tempat per hari. Mungkin gue harus nulis ini lagi di Ramadan taun depan biat lebih bisa datengin lebih banyak masjid.



.


EmoticonEmoticon