Sunday 18 November 2018

Museum Kota Bandung: Museum Baru, Apa Aja Isinya ?

Belum lama ini ada museum baru yang namanya Museum Kota Bandung. Apa aja sih yang disajiin dan ditampilkan di museum ini? Kita cari tau yuks.


Tampak dari luar, bangunan museum ini kental banget nuansa era kolonial Belanda. Menurut cerita, gedung ini dibangun tahun 1920 dan peruntukannya waktu itu sebagai sekolah anak-anak (frobelschool) dari kelompok freemason. Gedung ini terus ganti-ganti fungsi dari asrama siswa PPLP (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar) di era 2000an sampe jadi kantor KONI Jabar. Kemudian, KONI Jabar pindah ke Jl. Pajajaran dan gedung yang beraksitektur art deco ini jadi museum sejak 2018 yang juga diresmiin Wali Kota Bandung, H. Oded Danial. 

dari depannya


samping...

Museum dari seberang jalan Aceh
Sebelum masuk ke dalam, kita bisa liat patung sedada dua tokoh pejuang Jawa Barat, Rd. Dewi Sartika & Emma Puradiredja. Di koridornya ini juga ada bangku yang pas buat santai santai sambil nikmatin bagusnya gedung ini.

patung Emma Puradiredja

patung pencetus Sakola Istri, Rd. Dewi Sartika


jendela yang khas Belanda banget
Waktunya masuk ke dalam museum, dan kalian nggak perlu malu-malu atau siapin sesuatu karena berkunjung ke sini sama sekali nggak dipungut biaya masuk alias gratis. 
masuknya lewat sini, bor!
Jajaran potret yang dimulai dari Walikota Bandung yang pertama, Bertus Coops (menjabat 1918-1920) sampai walikota Bandung sekarang (H. Oded Danial, 2018-...) hiasi salah satu tembok bagian dalam museum ini. Total udah ada 20 orang yang pernah atau sedang duduki jabatan sebagai orang nomer 1 di kota yang julukannya Kota Kembang.

 
Bertus Coops (kiri paling bawah) dan walikota lainnya
Ruangan pertama museum ini isinya foto-foto, mural, dan gulungan replika poster-poster jadul yang digantung di atas langit-langit ruangan. Asal mula kota Bandung dari pertama kali didirikan taun 1810 sampe sejarah modernnya ditata rapi lewat infografis yang desainnya menarik banget dan bikin anak-anak muda tertarik pelajari sejarah.




Lanjut ke ruangan selanjutnya,lebih banyak lagi informasi tentang sejarah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang bisa ditarik jauh ke tahun 1641. Jadi sebenernya Kabupaten Bandung dulu yang pertama ada daripada kotanya sendiri. Ada rentang waktu 169 taun antara pembentukkan Kab. Bandung sama ketukkan tongkat Gubernur Jenderal Herman Daendels di jalan Raya Pos (sekarang salah satu bagiannya jadi Jl. Asia Afrika) yang nandain berdirinya Kota Bandung di taun 1810.

replika peta Bandung yang aslinya dibuat taun 1726
Di salah satu sudut juga dijelasin sejarah gedung Societeit Concordia atau yang sekarang dikenal sebagai Gedung Merdeka sama sejarah awal jalan Braga, kawasan Pecinan, sama pengangkatan Rd. A.A Martanegara sebagai Bupati Bandung yang bawa banyak perubahan buat Bandung.

Bandung Europe in De Tropen, atau Bandung, Eropa di Daerah Tropis
dari sini juga awal sebutan Parijs van Java
Meskipun informasi sejarah Bandung dan hal-hal lainnya yang berhubungan sama masa silam Kota Bandung udah cukup banyak dan informatif, katanya masih banyak lagi yang bakal disuguhin Museum Kota Bandung. Ruangan multimedia dan alat peraga lainnya bakal ditambah dan dipasang untuk nambah daya tarik museum baru ini.


EmoticonEmoticon