Friday 18 October 2013

MENGENANG MTV (Inget Jaman MTV) : Bagian 2



BAGIAN 2

AKHIR 2000AN & (SEDIKIT) AWAL 2010AN, masa-masa di mana MTV menghadapi persaingan dgn acara-acara musik lapak tetangga. Pas ’08-’09 Batheki liat masih banyak yang nonton MTV, dari temen-temen yg cerita. Jadwal tayangnya disesuaiin (lagi), kadang malem-malem doang ama tengah malem ampe beres sholat subuh.

Acara “wajib” kayak MTV Ampuh masih ada. Ditengah malem mulai diisi MTV Insomnia & MTV Ping. Gak ada lagi MTV Pimp My Ride (dari sananya gak ada), MTV TRL, MTV Artist of The Month (yg udah ilang sejak 2007), dan banyak program-program berkesan lainnya. Diganti dengan yg baru macem MTV Drama Queen, MTV AL4y, dan lainnya. MTV boleh dibilang menghadapi masa-masa yg berat. Sampe-sampe jam tayang MTV Ampuh yang “tradisional” di pagi hari jam 9 atau 11 siang pindah jadi lewat tengah malem.

Sampai akhirnya, di taun 2011 atau tepatnya Desember 2011 menjadi saat perpisahan MTV dgn Global TV. Stasiun TV ini gak akan masukin program ini di jadwal tayang sehari-harinya. Di awal 2012, Batheki yg lagi susah tidur di tengah malem bingung nyari-nyari MTV. “Mana yaaa??” dan gak ketemu. Tak dinyana MTV telah pergi dari layar kaca kita. Program terakhir yg mungkin paling menyedot perhatian, MTV Ping cukup ngasih kesan di ujung kebersamaan MTV dgn “anak-anak nongkrong” lintas jaman selama ≥18 tahun. Sekarang, MTV cuma bisa dinikmati lewat saluran TV kabel, ngga ada lagi di TV lokal, hiks...hiks....

Tanya kakak, om atau uwa, momen apa paling mengesankan saat nongkrong bareng MTV. Jawabannya mungkin pas lagi liat siarannya Sarah Sechan & Nadya Hutagalung, ditemenin video klip dari Dewa 19 atau /Rif. Mereka cukup “beruntung” bisa menikmati secuil pengalaman yg ama orang-orang sekarang disebut “satu-satunya”, dan ngerasain jaman di mana musik menempati rumahnya yg sebenarnya, hiburan. Kalo ngobrol ama senior (entah itu di kampus atau tempat kerja) tentang MTV, mungkin obrolannya sekitar lucunya MTV Gokil, curhat-curhat di MTV Getar Cinta, berdendang bersama MTV Salam Dangdut.  Mungkin sampe kerennya aksi panggung Muse pas MTV European Music Awards ‘06, atau sensasi Lady Gaga di gelaran sama di taun 2010 buat yg liat. Nongkrong MTV jadi semacem aksesori wajib buat para anak gaul atau anak nongkrong pada masanya.

Boleh Batheki bilang, acara-acara MTV itu kayak punya “jiwa”. Sesuatu yg paling membekas dan akan selalu terpatri dihati. Mungkin kamu inget pas ketawa ampe jungkir balik ngetawain yg ada di MTV Gokil ama MTV Punk’d, nangis tersedu-sedu inget si dia pas liat MTV Getar Cinta, girangnya diri pas ngasih tau temen lagu baru yg diliat di MTV, rasa penasaran ada di nomor berapa lagu jagoan di MTV Ampuh, meringis liat seremnya kecelakaan di MTV Scarred atau ngagetinnya kejutan di MTV Room 401, dan senengnya kalo lagu-lagu yg kamu suka dimainin di MTV Ping. Kalo ada atau semua pernah kamu alamin mungkin bakal terus terkenang semua kisahnya. Buat yg punya semua pengalaman itu, bagikanlah ke mereka yg belum ngerasain pergolakan emosi itu, supaya nanti jadi motivasi bagi siapa saja termasuk diri kita sendiri. Soal acara MTV yg punya “jiwa”, gak berlebihan nyebut MTV Ampuh itu kayak “Muhammad Ali”-nya acara musik atau tangga lagu di TV Indonesia, dan kalimat-kalimat yang ada superlatifnya untuk acara-acara MTV yang lain.

Satu lagi yg diingat dari MTV, selalu menghadirkan nuansa yg beragam dan ngga garing. Keberagaman suasananya selalu diingat pemirsanya, terbukti dari jaman Sarah Sechan, Ari Untung, Daniel Mananta, Ben Kasyafani, Marissa Nasution, ampe Boy William. Semuanya punya cara-cara yg berbeda, dari jenakanya, seriusnya, ampe informatifnya.

Semua tempat itu telah tiada, mungkin selamanya atau bisa juga gak akan lama lagi pulang menyapa kita kembali. Dengan segala kenangannya, mungkin 15-20 taun dari sekarang pengalaman-pengalaman itu jadi cerita menyenangkan yg dibagi saat reuni, atau pas diceritain ke anak/sodara. Semua emosi campur aduk laksana adonan bala-bala diaduk-aduk kala denger kata MTV.

Sekianlah sudah cerita dari satu nama yg bisa ngewakilin banyak perasaan dan diharap banyak orang supaya balik lagi, MTV. MTV, Gue Banget!!





EmoticonEmoticon