Wednesday 24 July 2024

Nonton Euro 2024 Copa America Beruntun 11 Jam

MUSIM BOLA memang udah lewat, tapi ada kesan yg masih seger beberapa minggu setelah pagelaran Euro 2024 sama Copa America. Kedua turnamen ini diadain hampir secara bersamaan (dari awal), dan secara keseluruhan pertandingin laga di hari yg sama. Buat penonton di Indonesia, ini bisa jadi tantangan atau malah keberatan semisal ada yg nonton semua laganya terus menerus. Ini karena semua laganya, dimulai dari Euro, kick off laga pertamanya jam 11 malem, lanjut jam 2 subuh untuk kedua, dan jam 5 sama jam 8 pagi untuk Copa America. Tapi gue coba aja deh, sekalian ngerasain turnamen itu.

Kilas balik kita ini ngebawa kembali ke matchday terakhir fase grup Euro 2024, tepatnya di grup E sama F. Pertandingan pertama yg gua tonton (Romania vs Slovakia) dimulai jam 11 malam, tanggal 26 Juni. Di sini, kedua tim cuma butuh seri aja buat lolos ke babak gugur, dengan Slovakia masuk peringkat 3 terbaik. Slovakia yg duluan cetak gol lewat tandukan Ondrej Duda di menit 24. Rumania dapet pinalti dari Ianis Hagi yg dijatohin di kotak pinalti. Razvan Marin bisa samain kedudukan 1-1 dengan gol pinaltinya. Habis dari situ, gak ada lagi gol tambahan yg sekaligus bikin keduanya beneran lolos. Sempet ada kekhawatiran terulangnya "Aib Gijon" piala dunia 1982, ketika Jerman Barat cetak 1 gol, becandain permainannya supaya mereka sama Austria lolos, tapi beruntungnya, gak terjadi.


laga Ukraina vs Belgia juga akhirnya seri

Ada waktu sejam nih sehabis kedua laga itu, dari jam 1-2 dini hari WIB, dan dipake buat diem dulu sama tiduran sedikit. Masih ada 3/4 jalan lagi buat nonton semalam suntuk bahkan sampe pagi ini. Laga selanjutnya dari grup F, yaitu Georgia lawan Portugal, yg juga dibarengi Turki vs Ceko. Waktu itu nentuin banget mana yg lolos atau gugur, sekaligus di sisi lain Hungaria cemas tunggu semisal Ceko sama Georgia kalah yg ngebikin mereka ada peluang lolos sbg peringkat 3 terbaik.

Baru 2 menit laga Georgia vs Portugal dimainin, Georgia langsung unggul lewat gol di menit ke-2 dari pemain andalannya, Kvicha Kvarastkhelia. Selanjutnya, pertandingan cukup ketat, tapi sampe turun minum belum ada gol lagi, sedangkan di Turki vs Ceko masih 0-0. Di babak kedua, Georgia tambah gol lagi lewat tendangan penalti topskor mereka di euro ini, Georges Mikautadze. Portugal terus serang tapi terus gagal cetak gol. Di injury time, kiper Georgia Giorgi Mamardashvili 2x selamatkan gawangnya dari tembakan para pemain Portugal. Ini kejutan yg luar biasa buat Georgia yg baru debut di ajang Euro, di luar ekspektasi banyak orang. 

lupa gak foto laga Turki vs Ceko

Di saluran TV lainnya, Turki bisa menang 2-1 dari Ceko, dengan gol dari Hakan Calhanoglu & Cenk Tosun, cuma dibales sekali Ceko lewat Tomas Soucek. Kemenangan Turki lawan Ceko ini mengulang pencapaian yg sama di Euro 2016. Sayangnya, di akhir pertandingan sempet ada perkelahian, bahkan pemain masih dikartu setelah peluit panjang! Dengan selesainya kedua laga itu, artinya buat sekarang Euro 2024 selesai juga fase grupnya, begitupun bagiannya dalam ketahanan nonton ini, hehe. Di jam 4 subuh tinggal nunggu sejam lagi buat nonton Copa America.

Setelah solat subuh, nonton bolanya dilanjut ke laga antara Ekuador vs Jamaika. Dari Ekuador ada wonderkidnya, Kendry Paez yg tampil bagus padahal masih 17th. Jamaika sendiri diperkuat pemain West Ham Michail Antonio. Ada gol cepat di menit 13 yg dimulai dari pemain Ekuador Piero Hincapie ngumpan lambung dari kiri, tapi sayangnya kena pemain Jamaika, Kasey Palmer yg coba tekel dan golnya dianggap gol bunuh diri dari Palmer. Ekuador tambah skornya jadi 2-0, si wonderkid Paez cetak gol dari penalti. Antonio sempet manfaatin kemelut di depan gawang Ekuador yg dimulai dari corner kick buat dijadiin gol, 1-1. Sayangnya, Ekuador unggul lagi, golnya sekarang dari Alan Minda yg bawa bola dari garis pertahanannya sendiri, skema counter attack. Akhirnya, Ekuador menang 2-1 dan Jamaika harus gagal lolos ke babak gugur, ini kekalahan keduanya waktu itu.

ini yg katanya baju keren Jamaika, dan beneran keren!



Dari awal babak kedua, matahari udah keliatan dan hari berganti jadi pagi, yg nandain gue udah cukup lama mantengin TV dari awal pertandingan Rumania vs Slovakia. Tapi, masih ada 1 lagi pertandingan yg mau gue saksiin, yaitu Venezuela vs Meksiko yg masih dari grup yg sama dgn Ekuador & Jamaika. Meksiko yg sekarang gak ada lagi Chicharito, Andres Guardado, Memo Ochoa dan 'Chucky' Hirving Lozano, hampir kebanyakan pemain muda dari liga dalam negeri. Kalo dari Venezuela, ada striker kawakan Salomon Rondon & kapten Tomas Rincon yg berpengalaman di serie A

Pemain Meksiko nyanyiin lagu kebangsaan negaranya

Gue udah mulai ngantuk di pertengahan laga, dan nonton semampunya aja. Venezuela bisa tekan Meksiko sama bikin beberapa peluang, tapi di babak pertama belum bisa dieksekusi jadi gol. Barulah di babak kedua, bek kanan Jon Aramburu dijatohin di kotak penalti. Salomon Rondon berhasil bawa negaranya unggul 1-0. Meksiko juga sama sama dapet kesempatan dari titik putih, tapi bisa digagalin kiper Venezuela. Skornya bertahan sampe selesai, dan jam di HP udah nunjukkin sekarang jam 10 pagi. Berarti udah 11 JAM berturut turut nonton bola!


Sebenernya ada lagi 4 laga beruntun di perempat final Euro & Copa America tanggal 7 Juli, cuma masalahnya gue gak nonton yg keempatnya. Gak apa apa, pengalaman langka yg cuma 4 tahun sekali ini seru kok, gak enaknya bikin capek, pusing, ngantuk sama jadi begadang aja, hehehe.






EmoticonEmoticon