Monday 1 January 2024

Kehujanan Pas Tektok di Jayagiri

JAYAGIRI lagi, emang gak ada abisnya nyeritain daerah ini kalo udah nyangkut soal tektok. Tanjakannya yg lumayan panjang seakan ngajak gue dateng lagi ke sana setelah sekira 3 bulanan. Terakhir kan gue jalan sampe ke Benteng Belanda, terus diketawain buibu begitu naik mobil offroad. Kali ini buat ngisi akhir tahun, jajal lagi tanjakannya sambil cari ketenangan. Maklum, di jalan kan macet banget, suasana di tengah hutan yg ada di Jayagiri lah yg gue cari.


Mulai jalan jam 12:26, gue agak heran, kenapa ya gak begitu banyak orang yg ikut jalan? Hikers lain yg baru turun juga gak biasanya lebih sedikit daripada kunjungan gue sebelumnya. Jalan setapaknya masih becek akibat hujan sekitar jam 11an


jalan yg berbatu sebelum batang batang pohon di pinggir

Sejak terakhir gue ke sini, batang pohon besar yg melintang udah dipotong. Biasanya gue jadiin patokan, ada 3 batang pohon di jalur pendakian ini yg jaraknya beda beda, bisa 10 menitan dari satu ke yg lainnya (trus gue catet.) Cuma batang kedua yg masih dibiarin melintang. Jalanan mulai licin, tapi gue gak sampe kepleset.




Sampe juga di Warung Pak Dadang Iskandar (begitulah di papan tulisannya). Butuh waktu 1 jam 6 menit buat gue sampe sini, lumayan lah. Dari sini gue mulai pilih mau ke mana, Lorong Lumut? Benteng Cikahuripan? Kalo ke Kawah Upas kayaknya udah telat, pasti terlalu malem pas turun. 


Sayangnya, cuaca jadi gak bersahabat nih. Ini ditandai dengan kabut sama langit yg gak lagi cerah. Beberapa grup hikers turun, termasuk juga yg bawa motor trail. Enaknya sih pesen susu jahe atau teh panas ya, kalo makan, enggak, gue udah makan sebelum naik. Itu juga sih yg bikin nafas gue lebih berat karena perut penuh pas pendakian.


Ini pertama kalinya gue ke Jayagiri terus turun hujan. Kabut makin tebel, susah liat ada apa di depan meskipun gue masih di warung. Udara juga kerasa dingin, terlebih baju, celana gue basah karena kehujanan di perjalanan ke Jayagiri ini. Harusnya gue ikut hikers lain yg udah turun sebelum bener bener hujan, tapi gue masih mikir gimana kalo naik sebentar aja ke Lorong Lumut. Eh, malah gak jadi sama sekali.




Beruntunglah, sewaktu gue masih bingung "kapan nih pulangnya kalo hujan gede begini?", ada hikers sekeluarga yg turun ngelewat warung. Gue langsung gabung mereka. Bukan karena apa, tapi gue khawatir jalan licin sama kabut tebel ngerepotin usaha gue turun, mending ada yg nemenin kan? Gue cuma ambil beberapa foto sewaktu turun karena layar kehujanan yg nyusahin untuk pencet shutter, sama harus terus jalan biar gak ketinggalan orang lain. Rute yg diambil juga yg alternatifnya, yg di pinggir. Nggak terlalu curam sama nggak selicin jalan utama.


gak fokus soalnya kamera HP berembun

Selesai juga deh tektok hari ini, hari terakhir di 2023. Meskipun gak lebih dari Warung Jayagiri, tapi gue ngalamin tektok di kondisi hujan, yg sebelumnya belum pernah gue rasain. Di luar dugaan gue juga sih situasinya sepi, mungkin orang orang taun baruannya di tempat lain, ya? Gue sih masih penasaran soal Kawah Upas itu, kapan nih bisa beneran naik ke sana?




lumayan kotor kan



EmoticonEmoticon