Wednesday 25 October 2023

Semua Juga Ada Permulaannya

SELAMA ini, gue belum pernah naik gunung. Dari gak ada temen, gak ada peralatannya, belum berani, sama belum siap jadi alasan kenapa itu gak dilakuin juga. Seingetnya, kesempatan pernah dateng 2 kali, gak gue ambil dengan alasan yg sama. Ini ngebikin gue makin asing sama kegiatan itu, entah ini dicoba atau gak usah sama sekali.


Mulai muncul minat gue di wisata alam itu sekitar awal 2018, waktu gue post soal perjalanan ke Tebing Keraton (klik di sini), sama pertama kali ke Curug Omas. Kegiatan ini pernah berhenti selama pandemi 'rona, kan banyak destinasi tutup. Tapi di 2023 ini, gue mulai ngerasa lagi keinginan buat jelajahi alam meskipun diawali di tempat yg ringan dulu kayak Tahura.

Sedikit demi sedikit, dari Tahura ke Sesar Lembang, Jayagiri, terus akhirnya lewat saran seorang hikers gue perlu coba hiking di Batu Kuda. Ini pengalaman yg seru tapi sekaligus bikin penasaran. Apa gue harus jajal nih naik gunung? Gue belum bisa cari jalan atau masuk ke alam liar (selain di sekitaran Gunung Tangkuban Parahu, setelah Lorong Lumut). Peralatan yg gue punya juga terbatas, yg layak paling cuma sepatu sama tongkat jalan, itupun bukan buat naik gunung tapi kuat. Sewaktu gue ke Batu Kuda, kan sempet ngobrol sama pengunjung soal puncak gunungnya, akhirnya gue ikut hikers lain yg kebetulan pengen susuri jalur pendakian.

Dari dermaga tempat selfie di Batu Kuda, ada jalan setapak yg mengarah ke utara. Gue sama 2 orang yg coba ke jalur pendakian mulai perjalanan ini. Awalnya jalan di sini cukup rata, tapi cuma sebentar, karena tanjakannya mulai curam. 



Rekan hiking gue yg baru (di foto di bawah) memang sama sama baru dan gak tau menahu jalur pendakian di Gunung Manglayang ini kayak gue, tapi orang yg papasan lewat selalu ada hampir beberapa menit sekali ngasih tau apa aja yg ada di depan. Sering kali kami berhenti karena medannya berat banget, sudutnya tinggi sampe harus pelan-pelah ngelangkah.




Kapan nyampenya ya? Apa Pos 1 masih jauh? itulah yg terus gue pikirin selama awal pendakian ini. Orang yg lewat selalu jawab "masih jauh", "sebentar lagi" tapi kadang bener, kadang makin bikin heran. Maklum lah, ini pendakian dari kacamata (emang gue pake? hehe) seorang noob. Gue sadar jangan hambur minum, karena cuma ada 2 botol dan belum tentu cukup.


Tanjakan yg kayaknya tiada henti ini malah kayak yg ditutupin pohon, jadi kita mesti jadiin akarnya sbg. tumpuan. Dari beberapa kali liat, ada akar yg warna coklatnya mirip banget sama kayu yg udah jadi mebel atau sofa. Dipegang atau dipake bergantung juga kuat loh. 

Satu jam pertama selesai, dan gue akhirnya sampe di.... Pos 1. Patokan buat naik gunung di daerah Cileunyi ini berbentuk batu yg ada 2, terus ada celahnya -maka dari itu disebut Batu Lawang- Cuma, batu batu yg lebih kecil udah nutupin celahnya itu. Tapi di sini memang pas buat istirahat. Selain ngasih patokan 'pasti' seberapa jauh lagi harus mendaki, ono jadi salah satu dari 3 pos yg ada, dan udaranya sejuk. Rekan gue akhirnya angkat tangan karena dia udah gak sanggup lagi, dan bilang mungkin minggu depan aja lanjut. 


rekan pendaki yg mulai bareng gue itu 2 orang di kiri

Perjalanan gue lanjutin dengan ikut rombongan lain yg tampaknya siap banget dari perlengkapannya; seorang pegang 2 trekking pole, selang oksigen/minum gue gak sempet nanya, carrier besar yg ada pelindungnya, sama makanan. Katanya ada sekitar 30 menitan buat sampe ke pos 2. Jadi penasaran, kayak gimana sih, medannya.

Ternyata semua.... sesuai apa yg banyak orang sebut. Terjal. Banget. Tanahnya keras warna abu, mungkin akibat kering sama jarang hujan, banyak batu besar sama pohon yg melintang sana sini. Gue gak ngitung berapa kali harus berhenti buat tarik napas sama tiduran dulu.


Di tengah perjalanan ini, badan gue udah gak bisa dipaksain lagi, dan gue sempet ambruk. Untungnya, gue gak sampe alami buyar konsentrasi atau sesak. Bukan lagi soal seberapa jauh gue bisa naik, tapi seberapa lama lagi gue bertahan. Di satu sisi, gue mikir ini udah mau setengah jalan, dan kalo mau mulai harus dari awal lagi (belum tentu kapan), tapi di sisi lain, mungkin bisanya segini dulu. Gak tau deh, apa ini udah lumayan bagus atau biasa untuk ukuran seorang noob atau pemula.




Foto di atas adalah Pos 2, atau nama lainnya Batu Tumpeng. Mungkin sampe sini dulu aja pendakian gue ini. Meskipun memang ada perasaan tanggung, belum berhasil, gagal sama percuma, tapi kondisi badan gue udah ngajak berhenti. Waktu menunjukkan jam 13:30, entahlah bakal sampe puncak, turun dan keluar dari kawasan Batu Kuda ini kapan, jangan sampe terlalu sore juga. Sambil foto foto sedikit, ada rombongan pendaki yg turun dari puncak, dan gue minta gabung. Pas turunnya gak enteng jua, masih harus perhatiin jalan. Anehnya, gue gak inget di beberapa kesempatan pernah lewat sini atau gak, rasanya jalannya beda sampe gue berbalik dan liat "oh, iya, ya. Ini batu yang tadi." Apa gue udah bingung? hehe.




Perjalanan turun cuma butuh waktu 1 jam 10 menitan, jauh lebih cepet dari pendakian, ditambah lebih sedikit waktu berhentinya. Seneng banget pas udah masuk lagi "peradaban" atau tempat yg gak lagi hutan liar kayak di jalur pendakian. Sambil tenangin diri, gue liat pemandangan dari Dermaga Batu Kuda ini. Oh, sebelah situ Masjid Al-Jabbar, di kiri ada tol Cisumdawu...


Pendakian pertama gue bisa disebut keberhasilan sama kegagalan sekaligus. Berhasil karena gue akhirnya mau coba dan tau segimana beratnya medan pendakian, dan gagal karena harus berhenti di tengah pendakian ke puncak. Sesuai judul post ini, semua juga ada permulaannya. Apa gue mau coba lagi? Sepertinya belum bisa jawab sekarang.






EmoticonEmoticon