Sunday 3 November 2019

KICKFEST Pertama dalam 6 Tahun...

Versi bahasa Inggris dari artikel Kickfest ini bisa kalian klik di sini. Selamat membaca!

Sejak 12 tahun ke belakang para anak muda di Indonesia sering berbondong-bondong datengin pameran atau expo pakaian yang disebut Kickfest. Nggak cuma jadi tempat belanja pakaian, tas, aksesoris ama perintilannya, tapi acara ini juga diisi panggung hiburan. Artis-artis terkenal (entah itu secara nasional, underground, atau indie) tiap taun selalu dinanti-nanti pengunjungnya yang bikin suasana belanjanya lebih enak, atau keren.


Sekian dulu selayang pandang soal Kickfest, sekarang lanjut ke pokok pembahasan tulisan ini: Pengalaman gua. Kickfest memang tiap taun ada, tapi nggak rutin per 12 bulanan juga gua dateng. Semampunya gua inget, dateng udah 6 kali dari total 13 "musim" pagelaran Kickfest (per tahun 2019).

Di suatu Minggu pagi yang cerah di Agustus gua jalan-jalan ke Lapangan Gasibu seperti banyak warga Bandung suka lakuin. Terpal-terpal kios dan tiang-tiang penyangganya penuhin lapangan itu dan banyak orang berkerumun. Butuh beberapa saat buat gua cari tau kalo acara ini namanya Kickfest 2008. Singkat yang bisa diceritain karena selain kurang familiar sama acaranya, gua nggak bawa banyak duit, jadi nggak sempet belanja apa-apa.

Setaun selanjutnya di bulan November, Kickfest pindah ke Sabuga. Waktu itu, harga tiket Kickfest masih Rp. 5,000 dan semuanya secara offline. Belum kesampaian nonton pentas musiknya, waktu itu cuma mau beli baju. Nggak ada foto karena gua nggak punya HP, boro-boro kamera. Gua simpen tiketnya tapi sayangnya pas dicari belum ketemu, pasti bakal posting di sini kalo udah ada. Taun 2010, Kickfest lagi-lagi pindah, kali ini ke Stadion Siliwangi. Jadwalnya juga dimajuin ke bulan Juli. Apa daya, hujan deras dan hal-hal lain batalin gua ke sana.

Kickfest akhirnya kembali ke Gasibu untuk 2011, dan harga tiketnya naik jadi Rp. 10,000. Baru di edisi ini (atau mungkin karena gua lewatin 2010) aspek hiburannya jadi lebih keren dan variatif. Stannya lebih banyak dari sebelumnya (katanya itu juga), dan band yang main ada Pure Saturday, Koil, Rock n Roll Mafia, bahkan artis Malaysia Liyana Fizi. Di edisi 2012 masih sama tempatnya, tapi penampilan yang gua inget dari Cupumanik.

riuhnya Gasibu 2011
Otong Koil (Gasibu 2011)
Bareng 2 orang temen sekolah, gua dateng ke edisi 2013 yang maju ke arah utara di pinggir Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju). Asyiknya, 2 tiket di sini bisa dituker CD kompilasi Kickfest. Sempet gua liat aksi Themfuck dari Jeruji sebagai vokalis band hardcore Bandung itu sebelum Beliau mundur 2 taun berikutnya. Yang penting gua ngalamin lah akhir era Themfuck. Sayangnya satu dari kami bertiga harus cabut, dan sebagai penghormatan, gua kasih dia CD itu waktu ketemu lagi. Seru juga ya belajar sejarah Kickfest dari sudut pandang gua, hehe.

Themfuck nyapa penggemar
6 Tahun Kemudian...

5 edisi Kickfest gua lewatin, tapi bukan disengaja aja penyebabnya, karena gua sempet lupa (2014-16), mungkin bokek (2017), dan menurut gua line-up band nya kurang sreg (2018). Harga tiket Kickfest 2019 ini Rp. 30,000, atau naik hampir 300% dari edisi 2009. Kok 5,000 ke 30,000 300% sih, bukannya 500%? Karena Rp. 5,000 di 2009 setara Rp. 7,600 di 2019 setelah disesuaikan sama inflasinya, dan persentasenya 294% untuk 7,600 ke 30,000. Setelah gua liat brosur-brosur lama, ternyata Kickfest Bandung 2019 ini edisi ke-6 secara beruntun sejak 2014 yang digelar di Lapangan Pussenif TNI.
Ngantri!
Sejak  gua tinggalin, acaranya makin beragam, dulu belum liat ada lelang mobil, main basket, karaoke, game VR, dll yang di 2019 ada. Hari penyelenggaraannya dibikin melar jadi 4 hari (Kamis-Minggu) dari semula tradisional 3 hari. Sekilas gua ngerasa pangling dengan Kickfest, karena kebanyakan orang yang dateng mukanya imut-imut dan gua yakini di bawah gua semua umurnya (hah?). Ada kemungkinan mereka ini masih SD ketika gua sambangi Sabuga 2009, atau Gasibu 2011. Yang seumuran gua agak sulit diliat, mungkinkah mereka itu awet muda, tetep ucul dan imoets seakan tak beranjak dari umur belia? Hehe. Gua rasa mereka didorong kenangan masa lalu pas sekolah atau kuliah, kalo nggak cuma mau beli pakaian diskon. Beberapa mungkin nggak pede buat dateng karena mereka “ingat umur”, tapi emangnya pernah ada batas maksimum umur pengunjung? Nggak kan. Makin banyak pula distro yang ikutan di sini.

Ada olahraganya juga.
Banyak yang siap-siap di depan, nonton Under The Big Bright Yellow Sun (UTBBYS) dan Koil. Mang Otong sebagai vokalis masih dengan pendekatan jenakanya di jeda antar lagu yang dibawain. Katanya Beliau, dulu dari saweran stiker band bisa dapet pacar, tapi penonton bilang anak jaman sekarang lebih mau dapet duit. Giliran ditanya duit atau kunci Mercy (Binter Merzy) malah pada diem, mungkin nggak ngerti. Penampilan Ify Alyssa yang adem disambung suasana gas pol Elian, Midnight Quickie dan Weird Genius tanpa jeda. Begitu ada yang bilang "terima kasih semuanya" artis yang lain langsung pegang panggung. Remix lagu Blackpink gua liat disambut heboh penonton.

UTBBYS
Koil


Ternyata, energi, daya tarik dan keseruan Kickfest tetap terjaga setelah 6 taun gua tinggalin. Para pengunjungnya udah datang generasi baru daripada yang datang di awal-awal masanya, yang mungkin tau festival ini dari cerita turun-temurun kakak atau saudara mereka dan lewat geser-geser beranda sosial media mereka. Gua sampe nganggap ada 3 jenis pengunjung Kickfest: yang mau belanja, yang mau nonton pertunjukkannya dan yang mau dua-duanya karena antara hiburan sama belanjanya sama menariknya.

Ya ampun, bau! Tutup hidung!
Selepas ini, apa lagi yang ditambah menarik, ditengah tren belanja pakaian yang sekarang udah berbeda dibanding di akhir 2000-awal 2010an. Apa nanti tetiba gua rehat lagi, bakal tetep sama kerenkah begitu gua datang beberapa taun setelahnya? Apalagi ya yang harus dibikin biar ngga begitu-begitu aja? Ini yang menarik ditunggu.

Suasana yang kurang lebih sama dari dulu.


EmoticonEmoticon